Ademola Lookman Pupuskan Mimpi Rekor Tak Terkalahkan Leverkusen di Semua Ajang

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 23 Mei 2024 | 07:28 WIB
Pemain Atalanta Ademola Lookman. (Foto/eufa.com)
Pemain Atalanta Ademola Lookman. (Foto/eufa.com)

BeritaNasional.com - Ademola Lookman menjadi pemain yang mendapatkan sorotan di final Liga Europa saat Atalanta vs Bayer Leverkusen. Ya, Lookman mencetak tiga gol alias hattrick bagi Atalanta di partai puncak tersebut sekaligus memupuskan catatan tanpa kalah Bayer Leverkusen.

Dengan hasil ini, Bayer Leverkusen memiliki catatan tidak terkalahkan dalam 51 laga beruntun yang ditorehkan oleh tim asuhan Xabi Alonso ini. Namun mimpi untuk mencatatkan 52 pertandingan tanpa kalah dibuyarkan oleh sosok Lookman.

Memang, dalam pertandingan final Liga Europa yang berlangsung di Stadion Aviva, Dublin, Kamis (23/5/2024) dini hari WIB, Atalanta bermain menekan sejak awal peluit dibunyikan oleh wasit.

Serangan bermula dari sisi kiri yang kemudian Teun Koopmeiners memberikan umpan dan tidak disia-siakan oleh Lookman. Skor berubah menjadi 1-0 keunggulan Atalanta.

Atalanta semakin menggila, di menit ke-26 Lookman mencetak brace alias gol kedua setelah memotong operan gelandang Leverkusen Granit Xhaka. Ia pun membawa bola menuju depan kotak penalti dan melepaskan tendangan melengkung ke tiang jauh gawang Leverkusen dan Kovar tak bisa menghalaunya. Skor kini menjadi 2-0.

Atalanta malah mencetak gol ketiga, setelah Gianluca Scamacca memberikan umpan kepada Lookman pada menit ke-75. Pemain Nigeria itu menenangkan diri sebelum melepaskan tembakan melewati Kovář.

Total Lookman sudah mencetak lima gol dalam Liga Europa musim ini. Dua gol Lookman di ajang Liga Europa dicetak ke gawang Sporting Lisbon di babak 16 besar dan melawan Marseille di babak semifinal.

Setelah pertandingan, Lookman mengatakan dalam dua tahun ini permainannya menuju ke level yang baru. Dia berharap pasca membawa Atalanta menjuarai Liga Europa musim ini bisa menjadi semakin lebih baik.

“Dua tahun terakhir ini saya mampu membawa permainan saya ke level yang benar-benar baru. Mungkin bisa terjadi lebih awal, tapi sekarang sudah tiba. Tapi ini baru permulaan. Saya berharap lebih malam seperti ini dan terus menjadi lebih baik dan lebih baik lagi,” ujar Lookman dikutip dari situs resmi Liga Europa.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: