Tanggal 23 Mei 2024 Hari Apa? Ada Hari Raya Waisak

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 23 Mei 2024 | 12:42 WIB
Umat Buddha merayakan Waisak. (foto/kemenag).
Umat Buddha merayakan Waisak. (foto/kemenag).

BeritaNasional.com - Pada bulan Mei 2024 terdapat beberapa hari libur dan cuti bersama. Salah satunya di tanggal 23 Mei yang merupakan perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 BE/2024.

Pada tanggal 23 Mei 2024, umat Buddha akan merayakan Hari Suci Waisak. Setiap tahunnya, Hari Raya Waisak ini jatuh pada tanggal yang berbeda, karena merujuk pada penanggalan kalender Buddha (Buddhist Era/BE). Tetapi umumnya perayaan ini jatuh pada bulan Mei.

Sebagaimana merujuk dari Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur dan Cuti Bersama Tahun 2024, Hari Raya Waisak 2568 BE jatuh pada Kamis, 23 Mei 2024. Hari ini pun ditetapkan sebagai libur nasional oleh pemerintah Indonesia.

Tri Suci Waisak memperingati tiga peristiwa penting yang dilalui Buddha Gautama, yakni Kelahiran Pangeran Sidharta, Pertapa Sidharta menjadi Buddha, dan Buddha Gautama Parinibbana (wafat). 

Melalui Waisak, Umat Buddha diingatkan untuk selalu mengenang perjuangan Guru Agung Buddha Gautama dalam menemukan Dhamma Kebenaran Mulia yang membawa umat manusia mencapai kebahagiaan. 

Yaitu, kebenaran mulia atas adanya penderitaan, kebenaran mulia atas sebab penderitaan, kebenaran mulia atas jalan lenyapnya penderitaan, dan kebenaran mulia lenyapnya penderitaan.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: