Selamat! Olympiakos Juara Europa Conference League

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 30 Mei 2024 | 06:52 WIB
Olympiakos juara Europa Conference League. (Foto/instagram/Europa Conference League).
Olympiakos juara Europa Conference League. (Foto/instagram/Europa Conference League).

BeritaNasional.com - Olympiakos berhasil keluar sebagai juara dalam Europa Conference League 2023-2024 usai mengalahkan wakil asal Italia Fiorentina di babak final dengan skor 1-0 pada Kamis (30/5/2024) dini hari WIB.

Bermain di OPAP Arena, Olympiakos baru bisa memastikan kemenangan di masa perpanjangan waktu setelah di waktu normal tidak ada gol yang tercipta. Adapun, gol dilesatkan oleh Ayoub El Kaabi di menit ke-116.

Sejak peluit dibunyikan di awal pertandingan pertandingan berlangsung sengit. Kedua tim, sama-sama menghasilkan peluang namun tidak ada yang bisa dikonversi menjadi sebuah gol.

Babak pertama pun ditutup dengan skor kacamata alias 0-0 bagi Olympiakos dan Fiorentina.

Di babak kedua, pertandingan masih berlangsung sengit. Fiorentina mencoba membangun serangan, namun selalu dipatahkan oleh lini belakang Olympiakos. 

Begitu juga sebaliknya, usaha yang dilakukan oleh Olympiakos untuk menciptakan gol selalu sirna di lini pertahanan Fiorentina. Sampai akhirnya babak kedua berakhir dan harus berlanjut hingga ke babak perpanjangan waktu.

Di masa perpanjangan waktu, gol yang dinantikan pun tiba. Ya, Olympiakos akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-116 usai sundulan Ayoub El Kaabi melesatkan si kulit bundar ke gawang Fiorentina.

Usaha La Viola—julukan Fiorentina—di waktu sisa untuk menyamakan kedudukan tak berbuah manis. Wasit pun meniup peluit pertandingan yang menandakan babak perpanjangan waktu harus berakhir. Olympiakos pun dinyatakan sebagai juara Europa Conference League 2024.

Selain menjadi juara, Olympiakos pun akan berada di Liga Europa musim depan berkat kemenangan di final. Sementara Fiorentina akan kembali ke Europa Conference League  untuk musim ketiga berturut-turut. 

Mirisnya, sudah dua musim beruntun Fiorentina takluk di Europa Conference League. Pada musim 2022-2023, Fiorentina menjadi runner up setelah kalah 1-2 dari West ham United.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: