8 Khasiat Makan Nanas Setiap Hari, Dapat Cegah Kanker

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 03 Juni 2024 | 14:00 WIB
Khasiat nanas. (Foto/Freepik)
Khasiat nanas. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Ada banyak manfaat nanas bagi kesehatan, dari membantu pencernaan sampai meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah tersebut kaya akan sumber vitamin C, mineral, dan antioksidan, serta bermanfaat dalam melawan kanker serta meningkatkan kualitas kulit.

Meskipun  dapat dinikmati hanya dalam bentuk mentahnya, nanas ternyata dapat dipanggang.

Berikut delapan manfaat nanas jika dikonsumsi setiap hari yang dikutip dari lama Healthshots.com

1. Penuh vitamin dan mineral

Manfaat terbesar nanas adalah kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi sehari-hari. 

Satu cangkir nanas mengandung sekitar 88 persen kebutuhan harian vitamin C, dan 109 persen kebutuhan harian mangan. 

Nanas mengandung banyak serat, potasium, dan kalsium, menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Nutrition and Food Sciences.

2. Nanas memiliki antioksidan

Salah satu manfaat utama nanas adalah mengandung antioksidan. Hal ini mencegah stres oksidatif, ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh.

Stres oksidatif dapat menyebabkan peradangan pada tubuh, lemahnya sistem kekebalan tubuh, dan gula tinggi. 

Nanas mengandung flavonoid dan fenol. Sebuah penelitian pada tikus, yang dilakukan di Nutrition & Metabolism, menunjukkan bahwa konsumsi nanas mengurangi stres oksidatif jantung serta peradangan.

3. Membantu pencernaan

Manfaat nanas lainnya adalah dapat membantu melancarkan pencernaan, berkat enzim pencernaan yang dikandungnya yang disebut bromelain. 

Ini membantu memudahkan pencernaan daging, kata penelitian ini, yang diterbitkan di Molecules. 

Selain itu, berkat banyaknya mineral dan vitamin dalam nanas, nanas membantu menjaga pola makan seimbang. Nanas juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan .

4. Kaya serat

Nanas merupakan sumber serat yang kaya. Ini membantu menambah jumlah tinja dan memperlancar buang air besar sehingga mengurangi sembelit.

5. Dapat mencegah kanker

Konsumsi nanas dapat mencegah kanker karena banyak kanker disebabkan oleh stres oksidatif. 

Nanas mengurangi risiko ini dengan meminimalkan stres oksidatif akibat adanya bromelain di dalamnya. 

Enzim ini memiliki sifat antikanker. Ini juga digunakan untuk mengobati kanker, kata penelitian ini, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients.

6. Dapat memperkuat kekebalan tubuh

Salah satu manfaat terbesar nanas adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengurangi peradangan dalam tubuh. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition and Metabolism mengamati dampak konsumsi nanas pada anak-anak. Ke-98 peserta tersebut dibagi menjadi tiga kelompok; kelompok pertama diberikan nanas kalengan, kelompok pertama diberikan satu cangkir nanas kalengan, dan kelompok ketiga diberikan dua cangkir nanas kalengan pada 98 anak selama sembilan hari. 

Terlihat bahwa kelompok yang mendapat jus nanas memiliki risiko lebih rendah terkena infeksi bakteri dan virus.

7. Dapat meredakan nyeri

Nanas juga dapat meredakan nyeri karena memiliki sifat anti-inflamasi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Foods mengklaim bahwa nanas baik untuk menyembuhkan rasa sakit akibat radang sendi. 

Ini juga dapat membantu meringankan nyeri punggung bawah pada osteoartritis. Nanas juga membantu mengurangi nyeri haid, dan sebaiknya dikonsumsi pada tiga hari pertama haid.

8. Meningkatkan kesehatan kulit

Nanas bisa membuat kulit bersinar berkat vitamin C yang dikandungnya. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Institutes of Health menyebutkan bahwa nanas mampu mengurangi kerutan karena mengandung antioksidan.

Ini juga membantu mengurangi kerusakan kulit dan memperbaiki tekstur kulit.

Efek Samping Nanas

Ada beberapa efek samping yang bisa Anda alami dari nanas. Ada kemungkinan timbul ruam, gatal-gatal atau bahkan kesulitan bernapas jika Anda alergi terhadap nanas. 

Selain itu, karena nanas mengandung banyak vitamin C, overdosis vitamin C dapat menyebabkan mual atau mulas. 

Bahkan, bisa menyebabkan pendarahan menstruasi. Oleh karena itu, mengonsumsi nanas saat Anda hamil harus dengan persetujuan dokter. Mengonsumsi nanas mentah juga bisa menyebabkan mual dan sakit perut.

Selain itu, orang yang menderita penyakit ginjal harus memeriksakan diri ke dokter sebelum mengonsumsi nanas karena mengandung potasium yang tinggi.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: