Pemprov DKI Minta Warga Pesisir Waspadai Banjir Rob pada 4-10 Juni

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 04 Juni 2024 | 10:30 WIB
Warga melintasi banjir di kawasan Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta, Selasa (26/3/2024). (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Warga melintasi banjir di kawasan Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta, Selasa (26/3/2024). (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta warga yang bermukim di wilayah pesisir untuk mewaspadai banjir atau rob pada 4 sampai 10 Juni 2024.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan banjir rob ini berpotensi terjadi karena adanya fenomena pasang maksimum air laut bersamaan dengan fase Bulan Purnama.

"Akibat adanya fenomena pasang maksimum air laut bersamaan dengan fase Bulan Baru yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum berupa banjir pesisir atau rob di wilayah pesisir utara Jakarta," kata Isnawa dalam keterangannya, Selasa (4/6/2024).

Isnawa menjelaskan puncak pasang maksimum diprediksi terjadi pada pukul 20.00 sampai 00.00 WIB.

Karena itu, warga wilayah pesisir utara Jakarta khususnya Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, dan Kalibaru diimbau agar dapat mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut yang berpotensi terjadinya banjir rob.

"Masyarakat dapat memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut," ucap Isnawa.

“Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112,” tambahnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: