Kejutan NasDem Dukung Putra Habibie di Pilgub Jawa Barat

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 07 Juni 2024 | 08:49 WIB
Partai NasDem memberikan rekomendasi kepada Ilham Akbar Habibie. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi).
Partai NasDem memberikan rekomendasi kepada Ilham Akbar Habibie. (BeritaNasional/Ahda Bayhaqi).

BeritaNasional.com - Partai NasDem membuat kejutan dengan memberikan rekomendasi kepada Ilham Akbar Habibie, putra Presiden ketiga RI BJ Habibie, untuk maju di Pilgub Jawa Barat. Ketua Umum NasDem Surya Paloh menyerahkan rekomendasi itu langsung kepada Ilham di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

"Bung Ilham, hari ini DPP Partai NasDem telah menetapkan saudara sebagai calon gubernur atau wakil gubernur untuk Provinsi Jawa Barat pada Pilkada yang Insyaallah akan berlangsung pada November," ujar Surya.

Surya mengatakan, Ilham sebagai ilmuwan dan akademisi memiliki kapabilitas sebagai kepala daerah. Selain itu, NasDem mengakui mendukung Ilham karena memiliki kedekatan kekeluargaan.

"Kami juga mempunyai keyakinan sepenuhnya, bahwasanya kemampuan, kapasitas, dan profesionalitas yang anda miliki ini cukup mumpuni untuk memimpin Jawa Barat. Mudah-mudahan perjuangan dan langkah awal ini akan diikuti dengan hasil yang membesarkan hati kita semua," kata Surya.

Ia pun mengatakan, tidak ada yang menyangka bahwa ternyata Ilham tertarik untuk terjun ke politik. Karena selama ini karirnya berkutat di bidang akademik.

"Siapa yang sangka, siapa yang duga, orang menganggap ini Bung Ilham ini hanya scientist saja, ilmuwan yang duduk diam tapi ketertarikannya yakan untuk bisa bertarung pada satu pilkada yang kita tahu ini medan yang tidak ringan, medan yang cukup bebas, memerlukan ketabahan hari, keuletan, kesigapan yang cukup luas," kata Surya.

Ilham sendiri mengakui proses politik yang sangat cepat terjadi sebelum mengambil keputusan terjun ke politik sebagai bakal calon kepala daerah. Ia mengaku banyak berdiskusi dengan saudaranya sebelum maju.

"Terus terang, kalau Bapak tanya kepada saya satu bulan yang lalu, saya belum punya rencana masuk ke politik. Tapi seperti memang banyak hal terjadi dalam hidup. Itu kadang-kadang perubahan datang mendadak sekali terus tiba-tiba satu bola yang bergulir pelan-pelan menjadi terjadi di sini," katanya.

Bahkan, ia sempat diusulkan untuk maju di Pilgub Jakarta. Namun, pada akhirnya memilih untuk memajukan Jawa Barat yang diyakini sebagai ujung tombak untuk menjadikan Indonesia emas.

"Jadi saya waktu itu diskusi sama saudara mereka katakan kepada saya atau satu orang sebetulnya 'kenapa ya Ham kamu enggak mencoba jadi gubernur DKI waktu itu ya' saya bilang 'wah saya kan bukan orang politik' begitu saya bilang," katanya.

NasDem memang ingin mendorong putra putri terbaik bangsa untuk diusung sebagai calon kepala daerah. Dukungan Ilham ini menjadi salah satu kejutan yang diberikan NasDem.

"Ini bagian dari komitmen Partai NasDem memajukan putra-putri terbaik. Ini yang beberapa hari lalu yang saya sampaikan akan ada sebuah kejutan," kata Sekretaris Bappilu Partai NasDem Willy Aditya.

"Jadi wajah politik kita jadi ceria lagi. Kalau enggak lu lagi, lu lagi. Stok lama, didandanin dikit, dibedakin dikit terus dimajuin lagi," tegasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: