Harga Sapi dan Kambing Masih Normal Jelang Idul Adha 2024

Oleh: Mufit
Jumat, 07 Juni 2024 | 11:35 WIB
Pemeriksaan sapi mandiri menjelang Idul Adha. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Pemeriksaan sapi mandiri menjelang Idul Adha. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Harga jual hewan kurban terpantau masih normal mendekati hari raya Idul Adha 2024.

Salah satu penjual hewan kurban di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, bernama Ali, memperkirakan harga hewan kurban akan naik sekitar H-3 dan H-1 Lebaran Idul Adha.

"Kalau sekarang harga sapi dan kambing ini masih normal, kita jual belum ada kenaikan, tapi biasanya dua atau tiga hari sebelum Idul Adha ada kenaikan harga, tapi tidak terlalu besar," kata Ali kepada beritanasional.com saat ditemui di lokasi, Jumat (7/6/2024).

Ali mengatakan, hewan kurban yang dijualnya memiliki harga yang bervariasi. Untuk domba, harganya mulai dari Rp3 juta.

"Kalau harga kambing macam-macam, ada yang Rp 3 juta sampai Rp 13 juta. Kambing yang mahal itu ukuran paling besar, sementara untuk sapi kita jual dari Rp1 8 juta paling murah dan paling mahal Rp 27 juta," ungkapnya.

Dia menyebut sejauh ini lebih dari 50 ekor sapi dan kambing telah terjual. Ali mengaku mengalami peningkatan omzet pada lebaran haji kali ini.

"Sejauh ini yang sudah terjual sekitar 50 ekor sapi dan 10 ekor kambing. Sementara itu, ada juga yang masih lihat-lihat tapi belum deal," ujarnya.

Disamping itu, Ali memastikan sapi dan kambing yang dijualnya terhindar dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hal tersebut disampaikannya karena hewan kurban yang dijualnya sudah melalui proses pemeriksaan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Jakarta Pusat.

"Kami bisa pastikan 100 persen hewan yang kami jual tidak ada penyakitnya karena sudah diperiksa oleh pemerintah," ucapnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya wabah penyakit kurban, Ali rutin membersihkan tempat penampungan hewannya.

"Kita di sini ada beberapa penjual yang rutin mengecek kesehatan sapi dan kambing yang kita jual. Kita rutin membersihkan tempat penampungan hewan kita. Kami juga membeli hewan kurban ini dari peternak yang sudah mendapat izin usaha jual beli hewan," tuturnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: