Parah, Serangan Israel ke Lebanon Picu Kebakaran Hutan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 09 Juni 2024 | 14:55 WIB
Ilustrasi kebakaran (Foto/Pixabay)
Ilustrasi kebakaran (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Media pemerintah melaporkan serangan Israel pada Sabtu (8/6/2024) menewaskan dua orang. Selain itu serangan Israel juga memicu kebakaran hutan di Lebanon selatan. Kelompok bersenjata Hizbullah yang didukung Iran mengumumkan kematian satu pejuang.

Hizbullah, sekutu Hamas, hampir setiap hari saling baku tembak dengan pasukan Israel dalam delapan bulan sejak perang Gaza dimulai, yang dipicu oleh serangan kelompok militan Palestina pada 7 Oktober.

Bentrokan mematikan semakin intensif dalam beberapa pekan terakhir hingga menyebabkan banyak titik kebakaran hutan di kedua sisi perbatasan Israel-Lebanon.

Kantor Berita Nasional resmi Lebanon (National News Agency/NNA) mengatakan pada Sabtu bahwa sebuah pesawat tak berawak Israel melakukan serangan udara dengan dua peluru kendali. Serangan itu menarget sebuah kafe di Aitarun dan membunuh pemilik kafe, Ali Khalil Hamad, 37, dan seorang pemuda bernama Mustafa.

Tak lama setelah itu, Hizbullah mengatakan pihaknya meluncurkan roket Katyusha ke sebuah kota di seberang perbatasan Israel sebagai tanggapan terhadap serangan musuh Israel terhadap desa-desa di selatan dan rumah-rumah persembunyian, dan menargetkan warga sipil, terutama di Aitarun di mana dua orang terbunuh.

Gerakan Syiah itu kemudian mengumumkan bahwa salah satu kombatannya tewas akibat tembakan Israel. Pihaknya mengidentifikasi korban sebagai Radwan A. Issa, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

Dikutip dari VOA, Tentara Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “salah satu pesawatnya menyerang teroris Hizbullah di wilayah Aitarun,” dan menambahkan bahwa mereka juga menyerang sasaran di wilayah Khiam.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: