Korut Kembali Kirimkan Balon-balon Berisi Sampah ke Korsel

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 10 Juni 2024 | 06:10 WIB
Korut kembali kirimkan balon sampah (Foto/Pixabay)
Korut kembali kirimkan balon sampah (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com -  Korea Utara (Korut) kembali mengirimkan balon-balon yang berisikan sampah melintasi perbatasan ke Korea Selatan. Hal ini diungkapkan oleh para pejabat dan laporan berita pada Minggu (9/6/2024). 

Pengiriman balon-balon sampah itu dilakukan seminggu setelah mereka bertekad akan melanjutkan pengiriman balon jika selebaran anti-Korea Utara tetap diterbangkan dari Selatan.

Ratusan balon dengan sampah menempel ditemukan di Seoul dan di daerah dekat perbatasan pada malam hari dan Minggu pagi, setelah pihak militer Korea Selatan mengatakan pada Sabtu malam bahwa Korea Utara kembali meluncurkannya.

Dikutip dari VOA, Militer Korea Selatan menyatakan, mereka menanggapi ancaman balon-balon tersebut dengan sangat serius dan siap mengambil tindakan jika diperlukan. Namun, mereka tidak menjelaskan tindakan spesifik apa yang akan diambil.

Seoul telah memberikan peringatan keras bahwa mereka akan mengambil tindakan yang tidak dapat ditoleransi terhadap Pyongyang karena mengirimkan balon sampah. Tindakan-tindakan tersebut bisa mencakup memutar pesan-pesan keras lewat pengeras suara besar yang dipasang di perbatasan dan ditujukan langsung kepada Korea Utara.

Pemerintah Korea Utara mengatakan, balon-balon tersebut dikirim sebagai pembalasan terhadap selebaran anti-Korea Utara yang diterbangkan oleh para aktivis Korea Selatan sebagai bagian dari kampanye propaganda dan meluncurkan ratusan balon mulai akhir Mei dengan membawa sampah dan pupuk kandang.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: