Dana Indonesiana 2024 Dibuka untuk Pelaku Budaya, Cek Syarat dan Cara Mendaftarnya

Oleh: Tarmizi Hamdi
Selasa, 11 Juni 2024 | 19:00 WIB
Dana Indonesiana 2024. (Foto/Inst @budayasaya
Dana Indonesiana 2024. (Foto/Inst @budayasaya

BeritaNasional.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka pendaftaran untuk penerima manfaat Dana Indonesiana tahun ini.

Bantuan pemerintah untuk para pelaku budaya ini disalurkan melalui pemanfaatan dana abadi kebudayaan.

Dana Indonesiana Tahun 2024 mengusung tema “Kebudayaan untuk Hidup Berkelanjutan” dan dirancang khusus untuk sektor kebudayaan sehingga hasil pengembangan Dana Indonesiana bisa digunakan oleh para pelaku budaya dengan lebih fleksibel. 

Adapun standar biayanya juga akan lebih sesuai dengan kebutuhan kegiatan dan pelaku budaya.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid menjelaskan pembiayaan untuk kegiatan kebudayaan selama ini masih sangat minim sehingga berbagai inisiatif dan kreativitas bidang kebudayaan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

‘’Melalui Dana Abadi Kebudayaan, kondisi tersebut dapat diatasi dan diperbaiki sehingga berbagai inisiatif masyarakat di bidang kebudayaan  dapat diakomodasi dan difasilitasi sebagai investasi jangka panjang,” ucapnya yang dikutip dari laman Kemendikbudristek pada Selasa (11/6).

Pendanaan ini diharapkan akan memperluas akses masyarakat pada sumber pendanaan untuk memperkuat keterlibatan publik dalam ekosistem pemajuan kebudayaan yang berkelanjutan.

Adapun kategori yang akan dibuka terdiri atas 

  1. Pendayagunaan Ruang Publik 
  2. Penciptaan Karya Kreatif Inovatif
  3. Sinema Mikro; 
  4. Dokumentasi Karya Pengetahuan Maestro atau OPK Rawan Punah 
  5. Dukungan Institusional
  6. Kajian Objek Pemajuan Kebudayaan dan Cagar Budaya.

Pelaksanaan program Dana Indonesiana dilakukan melalui kerja sama antara Ditjen Kebudayaan dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). 

Ditjen Kebudayaan sebagai Program Management Office (PMO) bertugas mengawal hal-hal bersifat substantif, yakni sosialisasi, pendaftaran, seleksi, hingga penetapan penerima manfaat.

Sementara itu, LPDP menjadi pengelola keuangan dan penyalur dana kepada penerima manfaat.

Untuk menerima manfaat Dana Indonesiana, calon penerima manfaat akan mengikuti proses seleksi ketat oleh tim komite seleksi yang secara khusus bertugas menilai proposal. 

Proses pendaftaran Dana Indonesiana 2024 dapat diakses secara resmi melalui laman https://danaindonesiana.kemdikbud.go.id.

Pendaftaran Dana Indonesiana 2024 dilaksanakan sepanjang bulan Juni 2024.

Cara Mendaftar Dana Indonesiana 2024:sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: