SMPN 216 Jakarta Panggil Siswi Pembuat Lelucon tentang Palestina

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 11 Juni 2024 | 12:43 WIB
Ilustrasi viral. (Foto/freepik)
Ilustrasi viral. (Foto/freepik)

BeritaNasional.com -  Viral sebuah video yang menunjukkan empat anak perempuan sedang makan di restoran cepat saji yang diduga menjadi sasaran boikot. Video itu menjadi viral karena mereka membuat lelucon soal Palestina.

Mereka mengibaratkan ayam yang dimakan sebagai daging anak-anak Palestina, sedangkan saus yang disediakan disebut sebagai darah anak-anak Palestina.

Video itu pertama kali diunggah dalam story Instagram @chirenggs dan diunggah ulang di beberapa media sosial lainnya.

Setelah ditelusuri, warganet menemukan bahwa orang yang mengunggah video itu merupakan siswa SMPN 216 Jakarta.

Karena akun Instagram SMPN 216 Jakarta 'diserbu' warganet, pihak sekolah pun akhirnya memberikan pernyataan resmi.

Pihak sekolah membenarkan bahwa orang yang mengunggah dan merekam kejadian tersebut adalah siswi SMPN 216 Jakarta. Yang bersangkutan merupakan siswa kelas 9 atau 3 SMP.

Meski demikian, empat orang di dalam video itu bukanlah siswa SMPN 216 Jakarta.

"Empat orang yang berada dalam video tersebut bukanlah peserta didik SMPN 216 Jakarta," kata SMPN 216 Jakarta dalam unggahan Instagram mereka, dilihat pada Selasa (11/6/2024).

Pihak sekolah mengungkapkan bahwa video itu dibuat pada Minggu (9/6/2024) lalu.

"Setelah mendalami perihal video yang sudah beredar, kami dari pihak sekolah sangat menyayangkan dan mengecam perilaku dalam video tersebut," tulis SMPN 216 Jakarta.

Pihak sekolah pun telah memanggil yang bersangkutan dan juga orang tuanya. Ia pun diminta membuat klarifikasi dan permintaan maaf kepada semua pihak yang merasa dirugikan atas perbuatannya itu.

"Kami pihak sekolah selalu mengajarkan dan menjunjung tinggi sikap toleransi. Demikianlah klarifikasi ini kami sampaikan," tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: