Disdik DKI Panggil 4 Siswi yang Buat Lelucon soal Palestina di Restoran Cepat Saji

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 11 Juni 2024 | 15:30 WIB
Ilustrasi sekolah siswi yang membuat lelucon tentang palestina. (Foto/laman smpn216-jkt.sch.id)
Ilustrasi sekolah siswi yang membuat lelucon tentang palestina. (Foto/laman smpn216-jkt.sch.id)

BeritaNasional.com - Dinas Pendidikan (Disdik) bakal memanggil empat siswa yang membuat lelucon keji soal daging dan darah anak-anak di Palestina.

Plt Kepala Disdik DKI Jakarta Budi Awaluddin mengatakan pihaknya telah mendapatkan data lengkap asal sekolah empat siswi itu untuk segera dipanggil.

"Jadi, ternyata memang itu anak SMP, yang lain juga ada. Nah, kami coba memanggil mereka dan minta agar mereka minta maaf," kata Budi ketika dihubungi pada Selasa (11/6/2024).

Budi menjelaskan disdik akan meminta mereka melakukan klarifikasi dan meminta maaf atas aksi yang dilakukannya.

"Sebenarnya, kami sudah ada semua data-datanya. Memang nanti kami kumpulkan. Kami fasilitasi. Mereka mengklarifikasi dan meminta maaf atas kejadian itu," ujar Budi.

Terkait siswi yang merekam dan mengunggah video itu, lanjut Budi, disdik telah memanggil yang bersangkutan bersama keluarganya. Sebab, yang bersangkutan telah diketahui khalayak merupakan siswa SMPN 216 Jakarta.

"Kami mengecam perilaku tersebut dalam video dan sudah memanggil yang bersangkutan dan keluarganya untuk minta maaf," tegas Budi.

Sebelumnya, viral sebuah video yang menunjukkan empat anak perempuan sedang makan di restoran cepat saji yang diduga menjadi sasaran boikot. Video itu menjadi viral karena mereka membuat lelucon soal Palestina.

Mereka mengibaratkan ayam yang dimakan merupakan daging anak-anak Palestina. Sementara itu, saus yang disediakan mereka juga menyebut sebagai darah anak-anak Palestina.

Video itu pertama kali diunggah dalam fitur story Instagram @chirenggs dan diunggah ulang di beberapa media sosial lainnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: