Sapi Presiden Jokowi dan Wapres Ada di Istiqlal, Bobotnya 1,2 Ton Seharga Ratusan Juta Rupiah

Oleh: Mufit
Sabtu, 15 Juni 2024 | 17:45 WIB
Sapi yang disumbangkan oleh Presiden Jokowi untuk dikurbankan di Masjid Istiqlal dalam momen Idul Adha 1455 H. (BeritaNasional/Mufit)
Sapi yang disumbangkan oleh Presiden Jokowi untuk dikurbankan di Masjid Istiqlal dalam momen Idul Adha 1455 H. (BeritaNasional/Mufit)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin telah menyerahkan sapi kurban untuk Lebaran Idul Adha 1445 hijriah. 

Sapi dari Presiden Jokowi berjenis Simental dengan bobot 1.192 kilogram. Sementara itu, sapi dari Wapres Ma'ruf Amin berjenis Limosin yang beratnya mencapai 1.164 kilogram dengan harga Rp 125 juta.

Pantauan beritanasional.com di lokasi pada Sabtu (15/6/2024) pukul 14.30, sapi tersebut tampak begitu besar. Tempat penampungan sapi dari presiden dan wapres ini dipisahkan.

Namun, belum diketahui alasan pihak Masjid Istiqlal memisahkan sapi kurban dari Presiden dan Wapres. Hingga berita ini diturunkan, redaksi belum mendapat jawaban dari pengurus Istiqlal.

Sebelumnya, Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden RI Sony Kartiko dan Plh Kepala Biro Perencanaan Keuangan Wakil Presiden Purno Wiyanto menyerahkan sapi kurban Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin ke Masjid Istiqlal pada Jumat (14/6/2024).

"Kami serahkan sapi bantuan kemasyarakatan presiden ini kepada Istiqlal, kiranya juga dapat dilakukan pengelolaan, termasuk penyembelihan dan pendistribusian daging kurban kepada masyarakat," kata Sony dalam sambutannya di Masjid Istiqlal.

"Kami harapkan bantuan kemasyarakatan presiden ini dapat memberi kebermanfaatan bagi masyarakat," ujarnya.

Sony memastikan hewan kurban dari Presiden Jokowi maupun Wapres sudah lulus pemeriksaan fisik sehingga aman untuk disembelih dan dikonsumsi masyarakat. 

"Dalam pengadaan sapi kurban kami dibantu oleh Kementerian Pertanian, Dinas Peternakan, dan Kementerian Agama. Alhamdulillah dengan serangkaian uji klinis dan laboratorium, hasilnya adalah sapi yang kami serahkan hari ini sudah memenuhi syarat kesehatan dan syariat Islam," terang Sony.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: