Jelang Idul Adha 2024, Pemprov DKI Obati 20 Hewan Kurban Sakit

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 16 Juni 2024 | 14:25 WIB
hewan kuban. (Foto/Elvis)
hewan kuban. (Foto/Elvis)

BeritaNasional.com -  Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengungkapkan, terdapat 20 ekor hewan kurban yang diobati menjelang Idul Adha 2024.

Kepala Dinas KPKP DKI, Suharini Eliawati, mengatakan bahwa hewan kurban tersebut harus diobati karena merasa tidak sehat saat perjalanan menuju Jakarta.

"Ada 20 ekor yang kita lakukan pengobatan. Kenapa? Memang biasanya terjadi karena stres perjalanan," kata Eli kepada wartawan, Minggu (16/6/2024).

Eli berujar bahwa hewan kurban yang tidak sehat memiliki ciri-ciri serupa, yaitu mata merah dan tidak nafsu makan.

"Biasanya matanya merah, kemudian tidak nafsu makan. Untuk syariat Islam, kita jamin sesuai," ujar Eli.

"Kalau untuk pemulihan mata, itu 2-3 tetes obat mata biasanya sudah sembuh. Itu karena mereka terkena angin sehingga mata menjadi merah," tambahnya.

Tak hanya itu, Eli juga mengungkapkan bahwa ada sembilan hewan yang tidak layak untuk kurban.

"Kemarin memang ada sembilan yang tidak cukup umum. Kemudian kita kasih pilox, kami tandai. Jadi, hewan-hewan itu boleh dijual tapi bukan untuk kurban," tegas Eli.

Meski demikian, Eli menegaskan bahwa hewan kurban yang ada di Jakarta sudah aman.

"Untuk menyakinkan kembali, kami di DKI Jakarta melakukan tes darah untuk tes antraks dan Alhamdulillah negatif juga. Mudah-mudahan tidak ada yang sakit ya. Kita doa sama-sama mudah-mudahan sampai hari H+3 tasyrik Insyaallah aman," tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: