Pesan Hasyim Asy'ari di Idul Adha 2024: Alangkah Kecilnya Ujian Pengorbanan Kita

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 17 Juni 2024 | 09:09 WIB
Hasyim Asy'ari Ketua KPU RI. (Foto/Sekretariat Presiden)
Hasyim Asy'ari Ketua KPU RI. (Foto/Sekretariat Presiden)

BeritaNasional.com -  Hasyim Asy'ari menyampaikan pesan Idul Adha di Masjid Raya Baiturrahman, Lapangan Simpang Lima, Semarang, pada Senin (17/6/2024). Pada momen salat Idul Adha tersbeut juga turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Jokowi, serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Dalam khutbahnya, Hasyim, yang juga Ketua KPU RI, mengajak umat Islam untuk meneladani pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

"Keduanya dengan jelas telah bersama-sama menunjukkan sikap ingin berkurban dengan luar biasa besarnya," ujar Hasyim, dikutip Sekretariat Presiden, Senin (17/6/2024).

Hasyim menjelaskan bahwa kesediaan Nabi Ibrahim untuk melaksanakan perintah Allah SWT dengan menyembelih putranya, serta kerelaan Nabi Ismail untuk menerima perintah tersebut, merupakan bentuk kepatuhan yang tiada taranya terhadap perintah Allah SWT.

"Kita dapat membayangkan bagaimana jika kita sendiri harus menyembelih putra satu-satunya, untuk melaksanakan perintah Allah. Keduanya menjalankan perintah itu dengan penuh ketaatan," lanjutnya.

Menurut Hasyim, pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail merupakan ujian dan pengorbanan yang sangat besar, tanpa bandingan dalam sejarah umat manusia hingga kini.

"Pengorbanan dan ujian yang dilakukan oleh beliau berdua kini tercatat sebagai peristiwa yang diabadikan sepanjang masa. Kita menyebutnya Idul Kurban," tambah Hasyim.

Ia juga menyampaikan bahwa pengorbanan dan ujian tersebut dapat dijadikan pelajaran berharga dalam kehidupan. "Sebaliknya, alangkah kecilnya ujian pengorbanan kita yang hanya mengorbankan sebagian dari apa yang kita miliki," ungkapnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: