Cristiano Ronaldo, Pemain Pertama yang Tampil di 6 Edisi Euro

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 19 Juni 2024 | 11:01 WIB
Cristiano Ronaldo saat bermain dalam laga Portugal vs Ceko. (Foto/Eufa.com)
Cristiano Ronaldo saat bermain dalam laga Portugal vs Ceko. (Foto/Eufa.com)

BeritaNasional.com - Cristiano Ronaldo menjadi pemain pertama yang tampil di enam edisi Euro atau Piala Eropa. Ya, dalam laga Portugal vs Republik Ceko, Rabu (19/6/2024) dini hari, mantan pemain Real Madrid itu bermain dan menjadi kapten kesebelasan.

Pelatih Roberto Martinez menurunkan Ronaldo sejak menit awal alias starter dalam laga Portugal vs Ceko. Dengan begitu Ronaldo resmi memegang rekor sebagai pemain yang berlaga dalam enam edisi Euro.

Ronaldo tampil pertama kali di Euro 2004. Kemudian Ronaldo bermain juga di Euro tahun 2008, Euro tahun 2012, Euro tahun 2016, Euro tahun 2020 dan kini Euro tahun 2024. 

Bisa dibilang, pada tahun menjadi tahun yang memberikan kesan karena Ronaldo membantu Portugal memenangkan Piala Euro. Padahal, di awal fase grup Portugal harus terseok-seok karena lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Namun, Selecao bermain gemilang di fase knock out dan bisa melenggang ke babak final. Di babak final Portugal mengalahkan Prancis yang merupakan tuan rumah Euro 2016 dengan skor tipis 1-0.

Bisa jadi Euro 2024 ini menjadi edisi Ronaldo mengingat saat ini usianya sudah menginjak 39 tahun. Namun, dalam pertandingan Portugal melawan Ceko, Ronaldo tetap garang dengan menciptakan sejumlah peluang.

Bahkan, Ronaldo bisa dibilang produktif dalam  kualifikasi Euro 2024 bagi Portugal yakni mencetak gol terbanyak dengan 10 gol. Namun harus diakui dia harus kerja 

Walaupun Ronaldo merupakan pemain pertama yang mencicipi enam edisi Piala Eropa, nyatanya Pepe justru pemain tertua di skuad Timnas Portugal. Pepe yang sudah berusia 41 tahun juga tampil sebagai starter di laga melawan Ceko. sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: