Begini Kata Pemain dan Pelatih setelah Kroasia vs Albania Berakhir Imbang 2-2

Oleh: Tarmizi Hamdi
Kamis, 20 Juni 2024 | 09:15 WIB
Tangkapan layar pertandingan Kroasia vs Albania. (Foto/UEFA)
Tangkapan layar pertandingan Kroasia vs Albania. (Foto/UEFA)

BeritaNasional.com - Laga Kroasia vs Albania berakhir imbang dengan skor 2-2 dalam lanjutan pertandingan grup B di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman, pada Rabu (19/6).

Hasil imbang tersebut membuat kedua tim nasional (timnas) meraih satu poin sekaligus memperpanjang napas di Euro 2024.

Dalam pertandingan yang berlangsung tadi malam, Albania langsung tancap gas dengan menguasai pertandingan di awal babak pertama. Terbukti, pemain Albania, Laçi, membuka keunggulan di menit ke-11. 

Kemudian, Albania terus melancarkan serangan melalui Asllani di menit ke-31, namun peluangnya digagalkan kiper Kroasia, Livaković.

Albania terus mendapat peluang sampai di pengujung babak pertama melalui sundulan Manaj. Namun, sundulan itu mampu dimuntahkan Livaković pada menit ke-45+1.

Kroasia langsung menunjukkan penampilan yang jauh lebih baik pada babak kedua dengan mendominasi jalannya pertandingan. Hingga akhirnya, Kramaric mampu menyamakan kedudukan di menit ke-74.

Dua menit berselang, pemain yang baru masuk di menit ke-72, Gjasula, untuk menggantikan Laci melakukan gol bunuh diri sehingga Albania tertinggal 1-2 atas Kroasia.

Namun, menjelang akhir pertandingan babak kedua, Gjasula membayar lunas kesalahannya dengan mencetak gol penyeimbang pada menit ke-90+5.

Penyerang Albania Jasir Asani mengatakan dirinya dan kolega bermain dengan sangat bagus, terutama di babak pertama.

‘’Jika kami memiliki sedikit keberuntungan, kami memiliki peluang untuk memenangkan pertandingan ini. Kroasia adalah tim yang sangat bagus. Kami harus menikmati ini karena kami bermain melawan salah satu tim terbaik di turnamen," ungkapnya yang dikutip dari laman UEFA pada Rabu (19/6).

Pelatih Albania Sylvinho mengakui Kroasia tampil sangat mengesankan selama beberapa tahun terakhir. Mereka punya pemain-pemain luar biasa. Mantan pemain Barcelona itu juga mengungkap kendala skuadnya di babak kedua. 

‘’Keseluruhan pertandingan sulit untuk dianalisis. Di babak pertama, kami melakukannya dengan sangat baik, tapi kami mengalami kesulitan di babak kedua selama 15 hingga 20 menit. Tapi di akhir pertandingan, kami pantas mendapatkan hasil imbang," katanya.

Sementara itu, penyerang Kroasia Andrej Kramarić menyatakan kekecewaannya karena gagal membawa tiga poin melawan Albania. 

‘’Akan jauh lebih baik jika kami meraih tiga poin dan terus seperti itu hingga detik-detik terakhir. Itulah sepak bola. Terkadang Anda mencetak gol di detik terakhir, terkadang Anda kebobolan,” katanya.

Statistik Utama

  • Ini adalah pertandingan internasional pertama antara Kroasia dan Albania.
  • Kroasia tidak pernah kalah pada pertandingan keduanya di Euro (M3 D5).
  • Albania hanya memenangkan satu dari lima pertandingan Euro terakhir mereka (L3 D1).
  • Kroasia hanya mencatatkan satu clean sheet dalam 13 pertandingan terakhir mereka di EURO.
  • Hanya satu dari 23 pertandingan Euro Kroasia sebelumnya yang berakhir tanpa terciptanya gol. Itu adalah hasil imbang 0-0 melawan Swiss di pertandingan pembukaan mereka di EURO 2004.
  • Albania telah mencetak gol pertama dalam tiga pertandingan EURO terakhir mereka.
  • Andrej Kramarić mencetak gol Euro pertamanya untuk Kroasia pada ulang tahunnya yang ke-33.
  • Albania adalah timnas ke-15 yang dihadapi Kroasia di Euro.
  • Luka Modrić kini telah tampil di lima turnamen final Euro untuk Kroasia. Total 15 penampilannya secara keseluruhan lebih banyak dari pemain Kroasia lainnya.
  • Dengan mencatatkan penampilannya yang ke-117, Modrić berhasil melampaui Gianluigi Buffon dan menduduki peringkat ketiga dalam hal pemain dengan caps terbanyak di UEFA, hanya tertinggal dari Ramos dari Spanyol (180) dan Ronaldo dari Portugal (208).

Susunan Pemain

Kroasia : Livaković; Juranović, Šutalo, Guardiol, Perišić (Sosa 84); Modrić, Brozović (Pašalić 46), Kovačić; Majer (Sučić 46), Petković (Budimir 69), Kramarić (Baturina 84)

Albania : Strakosha; Hysaj, Djimsiti, Ayeti, Mitaj; Asllani, Ramadani (Hoxha 85), Laçi (Gjasula 72); Asani (Seferi 64), Manaj (Daku 85), Bajrami

Pertandingan Selanjutnya

Kroasia vs Italia - Senin 24 Juni, Leipzig
Albania vs Spanyol - Senin 24 Juni, Düsseldorfsinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: