Indonesia Bantai Singapura 3-0 di AFF U-16, Menpora Dito Terkesan dengan Garuda Muda

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 22 Juni 2024 | 20:00 WIB
Timnas Indonesia U-16 membantai Singapura dalam Piala AFF 2024. (Foto/PSSI)
Timnas Indonesia U-16 membantai Singapura dalam Piala AFF 2024. (Foto/PSSI)

BeritaNasional.com - Penggawa Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 yang berhasil mengalahkan Singapura dengan skor 3-0 pada laga perdana grup A ajang AFF 2024 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (21/6).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo yang datang untuk memberikan semangat secara langsung ke stadion mengapresiasi perjuangan Garuda Muda tersebut.

"Saya sangat bangga dengan permainan kalian di lapangan tadi. Saya lihat sangat baik. Saya selalu yakin pembinaan sepak bola usia dini semakin serius dan maju. Kemenpora selalu mendukung pembinaan kalian," kata Menpora Dito seusai pertandingan yang dikutip dari laman Kemenpora pada Jumat (21/6).

Dito optimistis skuad Garuda Muda dapat konsisten dan berhasil menjadi juara dalam turnamen tersebut.

"Saya harap ini konsisten hingga berjenjang sampai timnas senior. Saya ingin kalian lakukan yang terbaik hingga puncak dan juara," tuturnya.

Diketahui, Menpora Dito menyaksikan pertandingan itu bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Wakil Presiden Terpilih sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dari tribun VVIP. 

Pada laga itu, Timnas U-16 lebih mendominasi jalannya pertandingan meskipun sempat terkena hukuman penalti oleh wasit Koji Takasaki. 

Penalti ini diberikan setelah sepakan Uchenna Emmanuel kena tangan Putu di menit ke-29.

Namun, penalti tersebut bisa dipatahkan Nur Ichsan. Eksekusi Mao Zhixuan, kapten Singapura U-16 ke arah kanan gawang berhasil ditepis keluar lapangan oleh Ichsan.

Di menit ke-35, Mierza Firjatullah sempat membobol gawang Singapura. Sayang gol itu didahului posisi offside saat menerima umpan terobosan jarak jauh.

Kegagalan itu lantas dibayar tuntas Mierza pada menit ke-40. Memanfaatkan lemparan ke dalam jarak jauh mirip Pratama Arhan, Fabio Azka, Mierza menanduk bola dengan tepat ke gawang.

Usai jeda, pemain makin berani memainkan bola. Jumlah sentuhan terlihat meningkat, tetapi persentase umpan lambung atau jauh juga banyak. Intensitas permainan langsung naik.

Pada menit ke-57 Singapura dihukum penalti setelah Rauf Anaqi melanggar Daniel Alfrido. Evandra Florasta yang jadi algojo penalti dengan tenang menipu kiper Singapura.

Gol ini membuat daya juang pemain Indonesia U-16 meningkat. Keunggulan Indonesia bertambah setelah Fandi Alberto sukses mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-86.

Dengan kemenangan ini, Indonesia berhak berada di puncak klasemen Grup Grup A. Sementara Laos berada di posisi kedua meski sebelumnya menang 3-0 atas Filipina.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: