Tarif Rp 1, Penumpang MRT Membeludak di Halte Bundaran HI

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 22 Juni 2024 | 18:21 WIB
Penumpukan penumpang di stasiun MRT Bundaran HI. (BeritaNasional/Tikania).
Penumpukan penumpang di stasiun MRT Bundaran HI. (BeritaNasional/Tikania).

BeritaNasional.com -  Antrean panjang penumpang MRT Jakarta tepatnya di Stasiun Bundaran HI pada hari ini, Sabtu (22/6/2024). Diketahui pada hari ini, MRT menerapkan tarif RP 1 dalam rangka HUT Jakarta ke-497.

Berdasarkan pantauan Beritanasional.com pada pukul 18.00 WIB, nampak antrean terlihat di pintu keluar Stasiun MRT Bundaran HI. Penumpang nampak berbaris untuk keluar dari Stasiun tersebut untuk menuju ke tempat tujuan yang akan mereka datangi.

Beberapa di antaranya ingin menuju ke Monas untuk menikmati perayaan HUT Jakarta ke-497.  Salah satunya, Icha yang merupakan warga Pondok Pinang.

“Iya mau ngerasain tarif Rp 1 dan sekalian ingin ke Monas,” ujar Icha saat ditemui di Stasiun MRT Bundaran HI.

Dia pun merasa kaget, ketika terjadi penumpukan saat akan keluar di stasiun MRT Bundaran HI. 

Sebagaimana diketahui, PT MRT Jakarta (Perseroda) menerapkan tarif layanan khusus Rp1 selama dua hari penuh pada Sabtu (22/6/2024) dan Minggu (23/6/2024). Hal itu sebagai bentuk peringatan Hari Ulang Tahun ke-497 Provinsi DKI Jakarta.

Pemberlakukan ini efektif mulai jadwal operasional pukul 05.00 WIB hingga berakhir pada 23.59 WIB. Pengguna jasa tetap melakukan pengetapan di passenger gate baik saat masuk maupun keluar. Tarif berlaku untuk semua jenis pembayaran seperti kartu MTT, kartu uang elektronik bank, dan pembelian melalui aplikasi MRT-J.

Penerapan tarif ini sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta e-0051 Tahun 2024 tentang Penugasan Tarif Layanan Khusus Layanan Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta Dalam Rangka HUT ke-497 DKI Jakarta.

“Sebagai bentuk apresiasi bagi pengguna transportasi publik di Jakarta dan bagian dari partisipasi MRT Jakarta dalam hajatan peringatan HUT ke-497 DKI Jakarta, kami menerapkan traif layanan khusus Rp1 ini,” jelas Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo. 

Penerapan tarif layanan khusus, kata dia, diharapkan dapat mendorong peningkatan angka keterangkutan masyarakat dalam memeriahkan dan merayakan hari ulang tahun DKI Jakarta tahun ini.

“Jadi, pengguna jasa tetap melakukan pengetapan atau pemindaian di passenger gate saat masuk dan keluar seperti biasa, hanya saja kali ini tarifnya cukup Rp1,” imbuhnya. sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: