Jutaan Orang Kepanasan Akibat Suhu Panas di Seluruh AS

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 24 Juni 2024 | 19:00 WIB
Ilustrasi suhu panas terjadi di AS (Foto/Shutterstock)
Ilustrasi suhu panas terjadi di AS (Foto/Shutterstock)

BeritaNasional.com - Jutaan orang di Amerika Serikat harus berkeringat kepanasan akibat hari yang panas terik saat suhu udara melonjak pada hari Minggu (23/6/2024) di seluruh AS.

Sementara banjir yang mematikan menggenangi sebagian wilayah Barat Tengah AS (Midwest), termasuk sebuah kota di Iowa yang alat pengukur ketinggian airnya terendam.

Dari pesisir Atlantik tengah hingga Maine, di seluruh wilayah Great Lakes (Barat Tengah), dan di seluruh wilayah Barat hingga California, para pejabat publik memperingatkan warga tentang bahaya panas dan kelembapan yang berlebihan.

Di wilayah Oklahoma sendiri, indeks panas diperkirakan mencapai 41 derajat Celcius pada hari Minggu. Di wilayah Midwest tempat bertemunya South Dakota, Iowa, dan Minnesota, banjir meningkat sepanjang akhir pekan. 

Dikutip dari VOA, di barat laut Iowa, 13 sungai membanjiri wilayah tersebut, kata Eric Tigges dari manajemen darurat Clay County.

Dalam konferensi pers, Gubernur Iowa Kim Reynolds, mengatakan, setelah empat tahun mengalami kekeringan, negara bagian ini mengalami curah hujan yang luar biasa deras pada musim semi ini dan mulai terjadi pada hari Jumat di beberapa daerah di barat laut Iowa, sehingga tanah menjadi jenuh. 

"Beberapa daerah mendapat curah hujan hingga 15 inci (38 sentimeter) selama dua hari. Dan tentu saja, karena tanahnya jenuh air, hal ini mengakibatkan banjir besar di beberapa wilayah,” ujarnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: