Hasil Euro 2024: Italia Angkat Koper, Jerman Lolos Perempat Final

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Minggu, 30 Juni 2024 | 04:54 WIB
Timnas Jerman di Euro 2024. (Foto/eufa.com)
Timnas Jerman di Euro 2024. (Foto/eufa.com)

BeritaNasional.com - Juara bertahan Italia harus menyerah dari Swiss dalam laga 16 besar Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Sabtu (29/6/2024) malam. Italia kalah 0-2 dari Swiss dan harus angkat koper dari Jerman.

Dalam pertandingan itu, Swiss tampil dominan dengan menguasai jalannya laga. Sejak menit awal Swiss melakukan serangan-serangan yang merepotkan lini pertahanan Italia.

Setelah laga berjalan 30 menit, Donnarumma pun harus mengambil bola dari gawangnya. Ya, pada menit ke-37 Swiss membuka keunggulan melalui Remo Freuler usai menerima umpan dari Ruben Vargas. Skor berubah menjadi 1-0 keunggulan Swiss dan menutup jalannya babak pertama.

Di babak kedua, Italia mencoba keluar dari tekanan dengan menguasai permainan. Namun, Italia malah kebobolan saat laga babak kedua baru berjalan selama satu menit.

Ruben Varga yang mendapatkan bola dari Michael Aebischer, kemudian melesatkan bola yang tidak bisa dijangkau oleh Donnarumma. Skor berubah menjadi 2-0 bagi Swiss atas Italia.

Italia mencoba membalas di sisa waktunya yang ada. Namun, peluang yang ada tidak bisa dikonversi menjadi sebuah gol. Swiss pun mengunci kemenangan 2-0 dari Italia dan lolos ke babak perempat final. Sementara, Italia harus angkat koper dari Euro 2024.

Di pertandingan lainnya, tuan rumah Jerman memastikan tiket perempat final Euro 2024 usai menang dari Denmark 2-0. Bermain di Signal Iduna Park, Minggu (30/6/2024) dini hari WIB, Jerman bermain sangat dominan.

Laga baru berjalan empat menit, Jerman sudah mencetak gol lewat Nico Schlotterbeck setelah menerima umpan dari Toni Kroos. Hanya saja, gol dianulir karena wasit menilai Schlotterbeck melakukan pelanggaran lebih dahulu.

Serangan terus dilakukan oleh Jerman, namun hingga babak pertama berakhir tidak ada gol yang tercipta.

Di babak kedua, Denmark menjebol gawang Jerman lewat Joachim Andersen namun dianulir karena wasit menilai dalam posisi offside.

Akhirnya Jerman memecahkan kebuntuan di menit ke-53 lewat Kai Havertz dari titik putih. Mulanya wasit memberikan penalti untuk Jerman usai bek Denmark, Andersen melakukan handball di kotak penalti usai mencoba menghadang tendangan David Raum.

Di menit ke-68, Jerman sukses menambah keunggulan melalui sontekan kaki kanan Jamal Musiala yang membawa Jerman unggul 2-0 atas Denmark.

Sebenarnya pada menit ke-90+1, Jerman sebenarnya berhasil menambah keunggulan lewat gol Florian Wirtz. Hanya saja, gol dianulir sebab Wirtz lebih dulu terjebak offside.

Hingga peluit akhir dibunyikan tidak ada gol lagi tercipta. Jerman pun memastikan lolos ke perempat final Euro 2024, sementara Denmark harus angkat kaki.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: