Kabar Baik! MRT Dapat Hibah Rp10 Miliar dari Amerika Serikat

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 04 Juli 2024 | 12:01 WIB
MRT Jakarta. (Foto/MRT Jakarta).
MRT Jakarta. (Foto/MRT Jakarta).

BeritaNasional.com - PT MRT Jakarta mendapatkan hibah sebesar 709.630 dolar AS atau setara dengan Rp10 miliar dari pemerintah Amerika Serikat (AS).

Hibah ini diberikan untuk studi kelayakan usulan inisiatif energi baru terbarukan (renewable energy) melalui United States Trade and Development Agency (USTDA).

Adapun hibah ini diberikan saat Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi melakukan kunjungan kerja ke Washington DC beberapa waktu lalu.

“Saya tegaskan dana hibah sekitar Rp10 miliar bukan berbentuk uang dan hitungannya kurs dolar 2023. Tapi, sudah dibayarkan oleh pihak USTDA," kata Pras dalam keterangannya, Kamis (4/7/2024).

Pras berujar, Pemprov DKI Jakarta dan MRT harus berkomitmen untuk menggunakan energi baru terbarukan dalam operasional transportasi umum itu. Tujuannya, agar dapat mengurangi ketergantungan terhadap energi dari fosil.

“Transportasi publik menjadi hal penting bagi Indonesia untuk mewujudkan tujuan kontribusinya terhadap perubahan iklim. Apalagi, di Jakarta yang menjadi kota global,” ujar Pras.

Tak hanya itu, DPRD juga bakal meminta penjelasan secara komprehensif terkait penggunaan panel surya di atap stasiun dan depo untuk mendorong efisiensi energi. 

“Kami sebagai pengawas berkewajiban mengawasi ini berjalan dengan baik,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: