Iffa Rosita, Sosok Pengganti Hasyim Asy'ari sebagai Komisioner KPU

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 04 Juli 2024 | 11:40 WIB
Iffa Rosita Komisioner KPU yang gantikan Hasyim Asya’ari. (Foto/instagram/iffarosita)
Iffa Rosita Komisioner KPU yang gantikan Hasyim Asya’ari. (Foto/instagram/iffarosita)

BeritaNasional.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari diberhentikan dari jabatannya. Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi pemberhentian Hasyim atas kasus pelecehan terhadap Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda berinisial CAT.

Adapun pengganti Hasyim merupakan calon komisioner KPU RI nomor urut berikutnya yang telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan pada 2022 lalu.

Calon komisioner KPU dari urutan 8 sampai 14 adalah Viryan, Iffa Rosita, Dahliah, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Iwan Rompo Banne, Yessy Yatty Momongan, dan Muchamad Ali Safa'at.

Namun, Viryan yang berada di urutan ke delapan telah meninggal dunia. Sehingga yang akan menggantikan Hasyim adalah calon komisioner nomor urut kesembilan yaitu, Iffa Rosita.

"Mau enggak mau, karena memang urutannya kesembilan," ujar Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang kepada wartawan pada Rabu (3/7/2024).

Siapa Iffa Rosita?

Dikutip dari berbagai sumber Iffa Rosita merupakan perempuan kelahiran 30 April 1979 di Kalimantan Timur. Ia memulai karirnya sebagai pegawai honorer di Dinas Kesehatan dan Kantor Pemberdayaan Masyarakat pemerintahan Kota Bontang.

Iffa kemudian terjun ke bidang kepemiluan dengan menjadi anggota KPU Kota Bontang periode 2014-2019.

Saat ini, Iffa menjabat sebagai anggota KPU Provinsi Kalimantan Timur yang masa jabatannya akan berakhir pada tahun 2024 ini.

Iffa mengikuti seleksi sebagai calon komisioner KPU RI periode 2022-2027. Namun, Iffa gagal masuk 7 besar saat uji kelayakan dan kepatutan. Ia menempati urutan kesembilan.

Kini Iffa bisa menjadi komisioner KPU RI menggantikan Hasyim Asy'ari yang diberhentikan.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: