Intip Prediksi Susunan Pemain Belanda vs Turki di Euro 2024

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 06 Juli 2024 | 21:30 WIB
Timnas Belanda setelah menghadapi Rumania di babak 16 besar Euro 2024. (Foto/UEFA.com)
Timnas Belanda setelah menghadapi Rumania di babak 16 besar Euro 2024. (Foto/UEFA.com)

BeritaNasional.com - Perempat final Euro 2024 hari kedua antara lain mempertemukan Belanda kontra Turki yang digelar di Olympiastadion, Berlin, Jerman, pada Minggu (7/7) pukul 02.00 WIB dini hari.

Setelah mencapai babak 16 besar sebagai salah satu di antara empat tim peringkat ketiga terbaik setelah kalah oleh Austria dengan skor 2-3, Belanda menampilkan permainan terbaik di babak 16 besar dengan mengalahkan Rumania 3-0.

Kemenangan tersebut sekaligus membuat penggemar Oranje, julukan Timnas Belanda, bermimpi mengulang kesuksesan pada 1988 dalam kompetisi empat tahunan ini.

Bek Denzel Dumfries menyatakan rekan-rekannya terus mengoreksi cara bermain setelah ditumbangkan oleh tim kuda hitam yang ditukangi Ralf Rangnick itu.

"Kami belajar dari pertandingan melawan Austria. Kami banyak berdiskusi minggu lalu. Saya pikir kami bermain sangat baik, terutama dalam menekan lawan dan penguasaan bola. Kami sangat bangga karena kami bangkit dari pertandingan melawan Austria," tutur pesepak bola yang juga berseragam Inter Milan tersebut yang dikutip dari laman UEFA.com pada Sabtu (6/7).

Setelah bermain buruk melawan Austria, pasukan pelatih Ronald Koeman mampu bangkit dengan mengandaskan Rumania dengan skor 3-0.

Koeman menekankan anak asuhnya harus tampil all-out dalam pertandingan 16 besar tersebut. Suntikan semangat dan instruksi yang diberikan akhirnya membuahkan hasil.

‘’Terkadang sulit untuk menjelaskan mengapa Anda bermain buruk dalam satu pertandingan dan mengapa Anda mencapai level tinggi di pertandingan lain. (Melawan Rumania) awalnya sulit, tetapi kami akhirnya menemukan permainan kami dan membuat mereka kesulitan. Seluruh penampilan (melawan Rumania) luar biasa." ungkap mantan pelatih Barcelona tersebut.

Sementara itu, perjalanan Turki di awal babak penyisihan grup tidak mudah. Turki kalah 0-3 melawan Portugal pada pertandingan kedua.

Namun, setelah itu, anak asuh Vincenzo Montella tersebut meraih kemenangan beruntun setelah mengalahkan Republik Ceko 2-1 untuk mencapai babak 16 besar, kemudian menang telak melawan Austria dengan skor yang sama.

Gelandang Turki Arda Güler antusias bermain melawan Belanda di Berlin. Menurut dia, Belanda merupakan tim yang luar biasa dengan komposisi pemain lengkap di setiap lini.

"Belanda tentu saja adalah lawan yang sangat tangguh. Namun, kami percaya pada diri sendiri dan ingin melaju ke babak berikutnya juga," ungkapnya menjelang pertandingan.

Jika pertandingan babak 16 besar yang melibatkan kedua tim menjadi acuan, ditambah fakta bahwa dua pertandingan terakhir antara kedua negara menghasilkan total 13 gol, pertandingan ini bisa menjadi sangat menegangkan.

Vincenzo Montella, pelatih Turki, menuturkan bahwa Belanda adalah tim yang sangat berbakat. Namun, mantan penyerang AS Roma tersebut yakin anak asuhnya bisa melangkah jauh di Euro 2024.

‘’Jadi, ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Kami adalah salah satu tim dengan pengalaman turnamen paling sedikit. Jadi, kami semua senang bisa sampai sejauh ini. Saya tidak percaya pada formasi, tetapi saya percaya pada taktik. Kami mencoba untuk berubah dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya sesuai dengan lawan kami,’’ tuturnya.

Prediksi Susunan Pemain

Belanda: Verbruggen; Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Aké; Schouten, Simons, Reijnders; Malen, Depay, Gakpo
Absen di pertandingan berikutnya jika mendapat kartu kuning : Dumfries, Malen, Schouten, Veerman

Turki: Mert Günok; Mert Muldur, Samet Akaydin, Abdulkerim Bardakci, Ferdi Kadioglu; Okay Yokuşlu, Kaan Ayhan; Kenan Yildiz, Hakan Çalhanoğlu, Baris Alper Yılmaz; Arda Güler
Diskors: Merih Demiral, Orkun Kökçü, İsmail Yüksek
Absen pada pertandingan berikutnya jika mendapat kartu kuning: Kaan Ayhan, Uğurcan Çakır, Zeki Çelik, Arda Güler, Mert Günok, Mert Müldür, Salih Özcan, Kenan Yıldız

Jalan Menuju Perempat Final

Belanda 

Grup D
2-1 vs Polandia (Gakpo 29, Weghorst 83; Buksa 16)
0-0 vs Prancis
2-3 vs Austria (Gakpo 47, Depay 75; Malen 6og, Schmid 59, Sabitzer 80)

Babak 16 besar
3-0 vs Rumania (Gakpo 20, Malen 83 90+3)

Turki

Grup F
3-1 vs Georgia (Mert Müldür 25, Arda Güler 65, Kerem Aktürkoğlu 90+7; Mikautadze 32)
0-3 vs Portugal (Bernardo Silva 21, Samet Akaydin 28og, Bruno Fernandes 56)
2-1 vs Republik Ceko (Hakan Çalhanoğlu 51, Cenk Tosun 90+4; Souček 66)

Babak 16 besar
2-1 vs Austria (Merih Demiral 1 59; Gregoritsch 66)

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: