Prediksi hingga Susunan Pemain Semifinal Euro 2024 Prancis vs Spanyol

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Senin, 08 Juli 2024 | 17:01 WIB
Semifinal Euro 2024 Spanyol vs Prancis. (foto/uefa.com).
Semifinal Euro 2024 Spanyol vs Prancis. (foto/uefa.com).

BeritaNasional.com - Dua tim yang digadang-gadang akan menjadi juara Euro 2024 yaitu Spanyol dan Prancis akan bertemu di babak semifinal pada Rabu (10/7/2024) dini hari WiB. Keduanya akan memperebutkan tiket final kejuaran antara negara di benua Eropa.

Spanyol diketahui menjadi tim pertama yang memastikan tiket babak semifinal usai mengalahkan tuan rumah Jerman. Sementara, Les Bleus—julukan Prancis—melaju ke partai semifinal usai mengalahkan Portugal lewat drama adu penalti.

Laga semifinal antara Spanyol vs Prancis diprediksi akan berlangsung menarik. Spanyol dalam bayang-bayang meraih gelar juara untuk ke-4 kalinya. Sebab, jika merujuk dari sejarah, tim yang mampu menaklukan Jerman sebagai tuan rumah turnamen besar selalu keluar sebagai jawara.

Hal itu pernah dirasakan oleh Belanda saat menjadi juara Euro 1988 lalu setelah mengalahkan Jerman di partai semifinal. Begitu juga dengan Italia yang mampu meraih gelar Piala Dunia 2006 usai membuat Jerman harus kalah di babak semifinal.

Di sisi lain, permainan Prancis yang sejauh ini masih tampil di bawah harapan. Meski demikian, Kylian Mbappe dan kawan-kawan bisa memulangkan Portugal dan Belgia di Euro 2024 kali ini.

Namun begitu, jika merujuk dari statistik Spanyol masih jadi satu-satunya tim dengan kemenangan 100 persen, dengan rincian 11 gol dan bisa disebut menjadi tim tertajam di Euro 2024.

Berbanding terbalik dengan Spanyol, Prancis justru menjadi tim yang hanya menghasilkan tiga gol saja dan merupakan tim terendah di antara semifinalis lain.

Tentunya saja, hal ini tidak relevan dengan materi pemain yang dimiliki oleh Prancis. Ada nama beken di dalam skuad Prancis, misalnya Kylian Mbappe yang merupakan top skor Piala Dunia 2022, lalu ada Antoine Griezmann, hingga Ousmane Dembele.

Prediksi susunan pemain

Di partai semifinal Euro 2024, Spanyol harus menelan pil pahit setelah harus kehilangan Dani Carvajal dan Robin Le Normand. Kedua pemain itu tak bisa bermain karena mendapatkan skorsing kartu di babak perempat final.

Spanyol:

Unai Simón: Navas, Nacho, Laporte, Cucurella; Olmo, Rodri, Fabián Ruiz; Lamine Yamal, Morata, Williams
Tidak bisa bermain: Carvajal, Le Normand

Prancis diprediksi akan turun dengan komposisi skuad andalannya. Nama Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann masih menjadi tumpuan untuk mencetak gol ke gawang lain.

Prancis:

Maignan; Koundé, Saliba, Upamecano, Hernández; Kanté, Tchouaméni, Camavinga, Griezmann; Kolo Muani, Mbappé

Pertandingan kedua tim menuju semifinal

Spain

Group B
3-0 vs Croatia (Morata 29, Fabián Ruiz 32, Carvajal 45+2)
1-0 vs Italy (Calafiori og 55)
1-0 vs Albania (Ferran Torres 13)

Round of 16
4-1 vs Georgia (Rodri 39, Fabián Ruiz 51, Williams 75, Olmo 83; Le Normand og 18)

Quarter-final
2-1 vs Germany aet (Dani Olmo 51, Merino 119; Wirtz 89)

Prancis

Group D
1-0 vs Austria (Wöber og 38)
0-0 vs Netherlands
1-1 vs Poland (Mbappé 56 pen; Lewandowski 79 pen)

Round of 16
1-0 vs Belgium (Vertonghen og 85)

Quarter-finals
0-0 aet, 5-3 pens vs Portugalsinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: