Apa Itu Overthinking? Kenali Ciri-cirinya

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 09 Juli 2024 | 02:00 WIB
Ilustrasi overthinking. (Foto/Freepik)
Ilustrasi overthinking. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Overthinking adalah kecenderungan seseorang untuk terus-menerus memikirkan suatu situasi, masalah, atau kejadian dengan intensitas yang berlebihan dan tanpa henti.

Orang yang mengalami overthinking sering kali terperangkap dalam siklus berpikir yang berulang-ulang, mendalami setiap detail, menganalisa skenario tentang kemungkinan terburuk, meragukan keputusan sendiri, dan kesulitan menghentikan atau mengalihkan pikiran mereka ke hal lain. 

Pola pikir ini dapat mengakibatkan stres, gangguan kecemasan yang berkepanjangan, serta mengganggu kualitas tidur dan kehidupan sehari-hari penderitanya.

Overthinking adalah kondisi yang sering diasosiasikan dengan anxiety disorder, yaitu kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan dalam mengontrol kecemasan.

Kondisi ini tentunya dapat memengaruhi keadaan psikis seseorang, sehingga penting untuk penderita agar menemukan cara mengatasi overthinking dengan efektif.

Ciri-Ciri Seseorang yang Mengalami Overthinking

Pada umumnya, seseorang yang mengalami overthinking akan menunjukan beberapa ciri khas, seperti kesulitan menghentikan pikiran,  melakukan analisis secara berlebihan, memiliki kecemasan yang tinggi, dan kesulitan dalam mengambil keputusan. Berikut penjelasan dari masing-masing ciri overthinking adalah:

1. Kesulitan Menghentikan Pikiran

Seseorang yang mengalami overthinking cenderung kesulitan untuk menghentikan atau mengalihkan pikiran dari sesuatu hal yang terus-menerus muncul di benak mereka. Mereka akan merasa terjebak dalam lingkaran pikiran yang berputar-putar tanpa solusi yang jelas. Kondisi ini dapat membuat seseorang sulit untuk fokus pada hal-hal lain.

2. Melakukan Analisis Berlebihan

Tanda seseorang yang mengalami overthinking selanjutnya adalah akan menganalisis setiap detail, segala kemungkinan yang mungkin akan terjadi di masa depan, dan konsekuensi terkait dengan suatu situasi atau keputusan. Mereka juga sering membesarkan risiko dan fokus pada kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi.

3. Memiliki Kecemasan yang Tinggi

Overthinking sering kali berkaitan dengan kecemasan yang tinggi. Seseorang yang mengalami overthinking sering merasa cemas, khawatir, dan gelisah terhadap masa depan, peristiwa tertentu, atau tindakan yang diambil. Tak jarang, mereka terjebak dalam pemikiran negatif yang berkepanjangan.

4. Kesulitan Mengambil Keputusan

Karena analisis yang berlebihan dan kecenderungan untuk memikirkan kemungkinan yang ada, seseorang yang overthinking sering kali mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan. Mereka cenderung merasa terjebak dalam ketidakpastian, takut membuat kesalahan, dan khawatir dengan konsekuensi dari keputusan yang diambil.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: