Sebanyak 566 Orang Bakal Berusia 17 Tahun saat Pilkada 2024, Bisa Ikut Coblos?

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 09 Juli 2024 | 17:33 WIB
Situasi pemilu di salah satu TPS. (Foto/Beritajakarta).
Situasi pemilu di salah satu TPS. (Foto/Beritajakarta).

BeritaNasional.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta mengungkapkan, sebanyak 566 orang akan berusia 17 tahun saat Pilkada 2024 atau pada 27 November mendatang. 

Kepala Dinas Dukcapil DKI Budi Awaluddin mengatakan, ratusan orang ini dipastikan dapat mencoblos di Pilkada Jakarta. 

"Ada 566 di tanggal lahir 27 November 2007," kata Budi ketika dihubungi, Selasa (9/7/2024). 

Budi berujar, warga yang akan berusia 17 tahun itu sudah bisa melakukan perekaman KTP di kelurahan atau layanan Dukcapil lainnya. 

Nantinya, KTP akan tetap diberikan pada 27 November kepada 566 orang ini agar memudahkan administrasi saat Pilkada 2024. 

"Untuk mengantisipasi yang berumur 17 tahun pada hari H maka kami Dukcapil membuka layanan di seluruh loket pelayanan kelurahan, dan memberikan KTP kepada yang berulang tahun dengan mengantarkan ke rumah mereka," ujar Budi. 

Adapun persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk perekaman KTP adalah fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran. Selain itu, diperlukan juga ponsel untung mengunduh aplikasi IKD.

Sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta mengatakan, pencetakan KTP untuk warga yang berusia 17 tahun saat Pilkada 2024 alias 27 November tak bisa dilakukan pada H-1.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Jakarta Budi Awaluddin dalam merespons usulan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI untuk mencetak KTP satu hari sebelum pencoblosan.

"Tidak memungkinkan (untuk cetak KTP H-1). KTP hanya bisa dicetak pada hari H saat hari lahir," kata Budi ketika dikonfirmasi, Rabu (3/7/2024).

Meski demikian, Budi menjelaskan bahwa Pemprov DKI telah memiliki cara agar warga yang baru berusia 17 tahun bisa menggunakan hak pilihnya di Pilkada.

Budi berujar, warga yang akan berusia 17 tahun pada 27 November bisa melakukan perekaman terlebih dahulu di kelurahan atau posko layanan Dukcapil lainnya.

Nantinya, petugas Dukcapil akan mengantarkan KTP ke alamat masing-masing saat hari Pilkada 2024.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: