Presiden Iran yang Baru Tegaskan Sikap Anti-Israel

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 10 Juli 2024 | 12:04 WIB
Presiden Iran terpilih (Foto/IRNA)
Presiden Iran terpilih (Foto/IRNA)

BeritaNasional.com - Presiden terpilih Iran Masoud Pezeshkian mengatakan, kebijakan negaranya tetap anti-Israel. Iran akan terus mendukung perlawanan rakyat Palestina melawan penjajah Israel.

"Teheran tidak akan mengubah kebijakan regionalnya di bawah pemerintahan reformis yang baru terpilih, kami anti-Israel," ujar Pezeshkian.

Dikutip dari Times of Israel, Pezeshkian menegaskan kembali sikap anti-Israel Iran. Ia mengatakan, Iran tidak akan membiarkan kebijakan kriminal Israel terhadap Palestina terus berlanjut.

“Iran selalu mendukung perlawanan masyarakat di kawasan Palestina terhadap rezim Zionis yang tidak sah,” kata Pezeshkian.

Komentar tersebut mengisyaratkan tidak ada perubahan dalam kebijakan regional pemerintahan baru di bawah pemerintahan Pezeshkian yang relatif moderat, yang mengalahkan saingan garis kerasnya dalam pemilu putaran kedua pekan lalu.

“Saya yakin gerakan perlawanan di wilayah ini tidak akan membiarkan rezim Zionis Israel melanjutkan kebijakan penghasutan dan kriminalnya terhadap rakyat tertindas di Palestina dan negara-negara lain di wilayah tersebut,” kata Pezeshkian dikutip media Iran.

Syiah Hizbullah dan Muslim Sunni Palestina Hamas merupakan bagian dari kelompok faksi yang didukung Iran di wilayah yang dikenal sebagai Poros Perlawanan.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: