Presiden Ukraina Minta AS Segera Membantunya: Tak Usah Menunggu November

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 10 Juli 2024 | 17:00 WIB
Presiden Ukraina minta AS segera membantunya (Foto/Wikimedia Commons)
Presiden Ukraina minta AS segera membantunya (Foto/Wikimedia Commons)

BeritaNasional.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy meminta para pemimpin politik Amerika di Washington DC agar tidak menunggu hasil pemilihan Presiden Amerika pada bulan November hanya untuk membantu Ukraina melawan invasi Rusia. Ia meminta AS membantunya sekarang.

"Semua orang menunggu bulan November. Amerika menunggu bulan November, di Eropa, Timur Tengah, di Pasifik, seluruh dunia menantikan bulan November dan, sebenarnya, Presiden Rusia Vladimir Putin juga menunggu bulan November," kata Zelenskiy pada malam KTT NATO.

“Inilah waktunya untuk keluar dari bayang-bayang. Segera mengambil keputusan yang kuat bertindak cepat, dan tidak usah menunggu November atau bulan lainnya untuk membantu Ukraina,” kata Zelenskiy dikutip dari Reuters, Rabu (10/7/2024).

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden mengatakan, AS dan beberapa sekutu NATO lainnya akan mengirimkan belasan sistem pertahanan udara ke Ukraina dalam beberapa bulan mendatang.

Setidaknya, ujar Biden, AS dan sekutu akan mengirim empat sistem Patriot yang sangat dibutuhkan oleh Kyiv untuk membantu melawan gerak maju pasukan Rusia dalam perang yang masih berlangsung hingga kini. 
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: