Prediksi Susunan Pemain Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024, Ini Kata Pelatih Jelang Laga

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 14 Juli 2024 | 06:50 WIB
Final Euro 2024 antara Spanyol vs Inggris. (Foto/UEFA.com)
Final Euro 2024 antara Spanyol vs Inggris. (Foto/UEFA.com)

BeritaNasional.com - Partai puncak Euro 2024 segera tersaji antara Spanyol vs Inggris di Olympiastadion, Berlin, Jerman, pada Senin (15/7/2024) pukul 02.00 dini hari WIB.

Setelah empat minggu perjalanan Euro 2024 dengan menampilkan 24 tim, kita sampai pada pertemuan dua finalis yang menjadi final ideal antara Spanyol kontra Inggris. 

Spanyol boleh dikatakan telah menjadi tim terbaik sepanjang turnamen dengan gaya sepak bola menyerang yang menarik yang memadukan pengalaman para veteran seperti Rodri dan Álvaro Morata dengan pemain muda berbakat seperti Lamine Yamal dan Nico Williams.

Tim seperti juara Euro Italia, tuan rumah Jerman, dan Prancis yang selalu berbahaya dalam setiap turnamen sepak bola harus tunduk oleh La Furia Roja, julukan Timnas Spanyol.

Pasukan Luis de la Fuente tersebut yakin bisa menjadi negara pertama yang pernah memenangi empat gelar Euro.

Pelatih Spanyol Luis de la Fuente optimistis menatap laga final kali ini. Timnya akan bermain maksimal untuk meraih gelar tersebut dan menjadi negara terbaik di daratan Eropa.

"Berada di final Eropa adalah salah satu pencapaian terbesar yang diraih dalam sepak bola. Kami sangat tenang dan bersemangat untuk bermain besok,’’ ungkapnya menjelang pertandingan sebagaimana dikutip dari laman UEFA pada Minggu (14/7).

Fuente menilai pertandingan ini berjalan seimbang dan sengit sehingga. Karena itu, dia menekankan kepada anak asuhnya untuk meminimalkan membuat kesalahan sendiri.   

"Ini final, jadi pertandingannya akan sangat seimbang dan sangat kompetitif. Pertandingan ini selalu mempertimbangkan detail terkecil. Tim yang membuat lebih sedikit kesalahan akan memenangi pertandingan,’’ tuturnya.

Bek gaek Spanyol Jesús Navas mengatakan Timnas Inggris adalah tim besar dengan pemain kelas dunia. Koleganya harus menampilkan permainan luar biasa untuk bisa mengalahkan mereka.

‘’Ini akan sangat sulit, tetapi kami sangat bersemangat dan berhasrat untuk bermain karena kami telah menjalani turnamen yang sangat bagus.Hubungan antar seluruh skuad sangat fantastis. Saya harap kami dapat mewujudkannya untuk skuad dan negara. Saya sungguh berharap kami dapat memenangkan trofi itu,’’ ucapnya.

Sementara itu, yang menjadi penghalang Morata dkk adalah Inggris yang perlahan menunjukkan permainan impresifnya meski sempat tak begitu percaya diri di awal turnamen.

Gol penentu kemenangan Ollie Watkins di menit-menit terakhir dari bangku cadangan di semifinal melawan Belanda menunjukkan kekuatan yang dimiliki Gareth Southgate.

Setelah kalah telak di final EURO 2020 di kandang sendiri oleh Italia, Three Lions akan siap secara mental untuk berlaga di Berlin.

Mereka tidak boleh gentar menghadapi Spanyol setelah mengalahkan mereka 3-2 di Nations League di Seville dalam pertemuan terakhir kedua tim.

Gareth Southgate, manajer Inggris, berkomitmen dirinya dan anak asuhnya akan memberikan kemenangan dalam laga puncak ini untuk rakyat Inggris.

‘’Mereka semua berkontribusi pada budaya tim ini. Kami ingin memberikan malam yang istimewa bagi semua orang besok,’’ ucapnya.

Southgate menilai Timnas Spanyol memiliki skuad yang solid dan bermain menekan sejak awal pertandingan. Penguasaan bola yang fantastis membuat Jude Bellingham kesulitan.

"(Spanyol) memiliki cara bermain yang sangat jelas. Mereka memiliki tim yang solid yang menekan dengan sangat baik dengan intensitas yang nyata. Mereka menguasai bola dengan sangat baik sehingga Anda harus sangat terorganisir. Namun, kami juga menguasai bola dengan sangat baik dalam beberapa pertandingan terakhir khususnya," ungkapnya.

Harry Kane, kapten Inggris, menuturkan banyak yang patah hati setelah timnya dikalahkan dalam final Euro 2020. 

Karena itu, penggawa Bayern Munchen tersebut tak akan menyia-nyiakan peluang untuk juara tahun ini.

‘’Selalu butuh perjalanan panjang untuk kembali ke tempat kami sekarang. Penghargaan penuh untuk ketangguhan yang ditunjukkan oleh para pemain, dan itu menunjukkan semua tentang mentalitas tim ini bahwa kami kembali ke final Eropa,’’ tuturnya.

"Keyakinan tumbuh seiring berjalannya turnamen. Pengalaman kami membangun ketahanan dan kepercayaan diri. Kami tahu kami memiliki pemain hebat dan kebersamaan yang hebat. Kami akan membutuhkan semua itu dan lebih banyak lagi. Saya yakin akan ada sedikit rasa gugup, tetapi saat Anda tampil di lapangan, yang terpenting adalah melakukan yang terbaik," katanya

Prediksi Susunan Pemain

Spanyol: Simon; Carvajal, Le Normand, Laporte, Cucurella; Ruiz, Rodri, Olmo; Yamal, Morata, Williams

Inggris: Pickford; Walker, Stones, Guéhi; Saka, Mainoo, Rice, Shaw; Bellingham, Foden; Kane

Jalan Menuju Final

Spanyol
Grup B
3-0 vs Kroasia (Morata 29, Fabián Ruiz 32, Carvajal 45+2)
1-0 vs Italia (Calafiori dan 55)
1-0 vs Albania (Ferran Torres 13)

Babak 16 Besar
4-1 vs Georgia (Rodri 39, Fabián Ruiz 51, Williams 75, Olmo 83; Le Normand dan 18)

Perempat final
2-1 vs Jerman aet (Olmo 51, Merino 119; Wirtz 89)

Semifinal
2-1 vs Prancis (Yamal 21, Olmo 25; Kolo Muani 9)

Inggris

Grup C
1-0 vs Serbia (Bellingham 13)
1-1 vs Denmark (Kane 18; Hjulmand 34)
0-0 vs Slovenia

Babak 16 besar
2-1 aet vs Slovakia (Bellingham 90+5, Kane 91; Schranz 25)

Perempat final
1-1 aet 5-3p vs Swiss (Saka 80; Embolo 75)

Semifinal
2-1 Belanda (Kane 18p, Watkins 90+1; Simons 7)sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: