Final Euro 2024: Gareth Southgate Tak Miliki Rasa Takut untuk Hadapi Spanyol

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Minggu, 14 Juli 2024 | 13:06 WIB
Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate. (Foto/eufa.com)
Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate. (Foto/eufa.com)

BeritaNasional.com - Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate mengatakan dirinya tidak memiliki rasa takut kala anak asuhnya akan berjumpa dengan Spanyol di Final Euro 2024.

Diketahui, Final Euro 2024 akan menghadirkan duel antara Spanyol vs Inggris yang berlangsung di Olympiastadion, Belin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

Bahkan, Southgate juga memberikan pesan kepada anak asuhnya untuk tidak gentar menghadapi Spanyol di partai pamungkas tersebut.

“Saya tidak punya rasa takut mengenai apa yang mungkin terjadi (melawan Spanyol) karena saya sudah melalui segalanya,” ungkap Southgate dikutip dari BBC, Minggu (14/7/2024).

"Saya ingin para pemain merasakan keberanian itu. Saya ingin mereka mampu menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri karena, apa pun yang terjadi, kami sangat kuat sebagai sebuah grup,” imbuh dia,

Selama bertanding di Euro 2024, Spanyol memang satu-satunya tim agresif yakni belum pernah terkalahkan. Mereka bahkan mampu mengalahkan tuan rumah Jerman dan tim unggulan lainnya yakni Prancis di fase knockout.

Sebaliknya, Inggris mendapatkan banyak kritika terkait penampilan mereka yang dianggap belum maksimal di Euro 2024. Meski demikian, di bawah asuhan Southgate, The Three Lions mampu merangsek ke babak final.

"Kami perlu mengubah hal itu. Kami memiliki ekspektasi yang tinggi, namun ekspektasi tersebut tidak sesuai dengan performa kami. Sekarang ekspektasi yang tinggi masih tetap ada, namun kami memiliki performa yang konsisten, tentunya dalam tiga dari empat turnamen dan seperempat terakhir -final di kuarter keempat,” jelasnya.

“Pada akhirnya Anda harus berada di tahap akhir turnamen untuk belajar bagaimana memenangkan pertandingan besar. Banyak rekor yang telah kami pecahkan namun kami tahu kami harus melakukan yang satu ini, agar trofi ini benar-benar mendapat rasa hormat dari dunia sepakbola,” imbug dia.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: