Waduh, Tiap 5 Menit Sebuah Mobil Dicuri di Kanada

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 18 Juli 2024 | 05:00 WIB
Ilustrasi pencurian mobil (Foto/Vecteezy)
Ilustrasi pencurian mobil (Foto/Vecteezy)

BeritaNasional.com - Belum lama ini Interpol memasukkan Kanada ke dalam 10 negara dengan rekam jejak terburuk dalam hal pencurian mobil dari 137 negara.

Juru Bicara Interpol mengatakan, kejahatan ini luar biasa. Apalagi Kanada baru mulai mengintegrasikan data mereka dengan organisasi kepolisian internasional pada bulan Februari silam.

Pihak berwenang Kanada mengatakan, mobil-mobil curian ini akan disalahgunakan untuk kejahatan lainnya. Bisa juga mobil curian dijual ke warga Kanada, maupun dikirim ke luar negeri untuk dijual kembali.

Dikutip dari BBC, Interpol mengatakan, pihaknya mendeteksi lebih dari 1.500 mobil di seluruh dunia yang telah dicuri dari Kanada sejak Februari silam.

Pada 2022, lebih dari 105.000 mobil dicuri di Kanada. Ini berarti sekitar satu mobil dicuri di Kanada, setiap lima menit. Kejahatan yang sangat mengerikan.

Biro Asuransi Kanada mengatakan, pencurian mobil di Kanada sudah menjadi krisis nasional. Apalagi perusahaan asuransi harus membayar klaim senilai lebih dari Rp 17,8 triliun akibat pencurian mobil tahun lalu.

Guna mengatasi hal itu, Kepolisian Kanada sampai membuat iklan tentang cara melindungi mobil dari pencurian. Sementara itu, banyak warga Kanada yang mencari cara untuk mencegah pencurian mobilnya. Mereka bahkan menyewa petugas keamanan swasta di rumahnya.

Seorang warga, Nauman Khan mengatakan, ia memulai bisnis pemasangan tonggak pembatas parkir rumah usai ia dan saudaranya jadi korban pencurian mobil.

"Para pencuri mobi masuk ke rumahnya saat istri dan anaknya sedang tidur. Mereka mencuri Mercedez miliknya,"  kata Khan.

Akhirnya Khan menjual mobil-mobilnya dan hanya menyisakan mobil sangat sederhana untuk berkendara.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: