Warga Jerman Cemas Penempatan Rudal-rudal AS Tingkatkan Risiko Perang dengan Rusia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 17 Juli 2024 | 21:00 WIB
Ilustrasi  rudal-rudal AS (Foto/Pixabay)
Ilustrasi rudal-rudal AS (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Rusia menyatakan, penempatan rudal jarak jauh Amerika Serikat (AS) di Jerman dapat menyebabkan konfrontasi langsung ala Perang Dingin.

Dikutip dari Aljazeera, Gedung Putih mengumumkan, akan menempatkan rudal jarak jauh AS di Jerman saat KTT NATO di Washington. AS beralasan, penempatan senjata jarak jauh, termasuk rudal jelajah Tomahawk di Eropa dapat bertindak sebagai pencegah konfrontasi militer.

“Kami mengambil langkah mantap menuju Perang Dingin,” kata Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov usai mengetahui AS akan menempatkan rudalnya di Jerman.

“Semua atribut Perang Dingin dengan konfrontasi langsung kembali muncul,” tambah Peskov.

Langkah Washington ini memicu kritik di Jerman, bahkan di kalangan anggota Partai Sosial Demokrat Pimpinan Kanselir Olaf Scholz.

Ternyata langkah AS menempatkan rudalnya di Jerman, membuat warga Jerman merasa cemas. Penempatan rudal bisa meningkatkan risiko perang antara NATO dan Rusia.

Menurut jajak pendapat Forsa, sebanyak 47 persen warga Jerman khawatir risiko perang meningkat kalau AS menempatkan rudal-rudalnya di Jerman.

Duta Besar Rusia untuk Jerman memperingatkan, langkah penempatan rudal AS akan memperburuk hubungan antara Moskow dan Berlin.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: