Persib Menang atas PSM di Piala Presiden 2024, Bojan Minta Evaluasi dan Perbaikan

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 19 Juli 2024 | 21:55 WIB
Striker Persib Ciro Alves merayakan gol ke gawang PSM Makassar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (19/7/2024). (Foto/Persib.co.id)
Striker Persib Ciro Alves merayakan gol ke gawang PSM Makassar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (19/7/2024). (Foto/Persib.co.id)

BeritaNasional.com - Persib Bandung sukses menekuk PSM Makassar dengan skor 2-0 pada pertandingan pembuka grup A Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Jumat (19/7/2024).

Dua gol itu dicetak masing-masing oleh Ciro Alves pada menit 14 dan bunuh diri Nermin Halzeta menit ke-42.

Persib mendapatkan peluang terbaik pada menit ke-8. Namun, sontekan Ciro Alves masih menyamping di sisi kanan gawang PSM.

Pada menit 14, Ciro berhasil memaksimalkan peluang yang didapatkannya dengan membobol gawang PSM melalui sontekannya. Skor berubah 1-0.

PSM berusaha menyamakan kedudukan lewat tandukan Nermin Halzeta memanfaatkan umpan Dzaki Asnan pada menit 22. Namun, penjaga gawang Persib, Teja Paku Alam melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola tandukan Halzeta.

Setelah water break, tepatnya menit 42, Persib menggandakan keunggulan melalui gol bunuh diri Halzeta yang berniat menghalau umpan Marc Klok dari sisi kanan pertahanannya. Hingga babak pertama berakhir, skor 2-0 tak berubah.

Di babak kedua, Hodak melakukan pergantian pemain. Ciro Alves dan Beckham Putra Nugraha diistirahatkan untuk digantikan Ryan Kurnia dan Rachmat Irianto.

Pada menit ke-59, Persib punya kesempatan menambah keunggulan. Namun, akselerasi Febri digagalkan pemain belakang PSM.

Pada menit ke-63, Hodak menarik Febri Hariyadi dan David da Silva yang digantikan Victor Igbonefo dan Rezaldi Hehanusa.

Pada menit ke-71, Edo nyaris menambah keunggulan PERSIB andai saja tendangannya tidak menyamping di di sisi kiri gawang PSM.

Menit 78, Teja kembali melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan terarah Ricky Pratama sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Pada menit 84, Hodak memasukkan Ferdiansyah dan Achmad Jufriyanto menggantikan Mateo Kocijan dan Robi Darwis. Kemudian, Marc Klok dan Kakang Rudianto digantikan Zalnando dan Muhammad Adzikry di injury time.

Di pengujung laga, Ferdiansyah sudah berhadapan dengan kiper, namun gagal mencetak gol. Namun, hingga pertandingan berakhir skor 2-0 tak berubah.

Meski Persib menang atas PSM, Bojan Hodak mengatakan penampilan timnya masih banyak yang harus diperbaiki pada pertandingan itu.

"Ini pertandingan yang bagus, apalagi kami bisa meraih kemenangan. Tapi, (penampilan) kami masih banyak yang harus diperbaiki dan dievaluasi. Tidak apa-apa, kami masih punya waktu," kata Hodak pada konferensi pers setelah pertandingan.

Hodak menegaskan, rangkaian pertandingan di Piala Presiden memang dijadikan sebagai ajang pematangan persiapan menghadapi Liga 1 2024/2025 dan AFC Champions League (ACL 2).

"Turnamen ini jadi ajang uji coba menjelang Liga 1 dan ACL 2. Kalau kami bisa menang, itu bagus. Sebab, ini artinya tim bisa berkembang," katanya.

Susunan pemain

Persib Bandung: Teja Paku Alam; Nick Kuipers, Kakang Rudianto/Zalnando (90+2), Mohamad Edo Febriansah, Robi Darwis/Ferdiansyah (84), ; Mateo Kocijan/Achmad Jufriyanto (84), Marc Klok (c)/Muhammad Adzikry (90+2); Beckham Putra Nugraha/Rachmat Irianto (46), Febri Hariyadi/Victor Igbonefo (63), Ciro Alves/Ryan Kurnia (46);  David da Silva/Rezaldi Hehanussa

PSM Makassar: Hilmansyah; Daffa Salman (Syahrul Lasinari 46'), Yuran Fernandes, Aloisio Neto; Dzaky Asraf (Victor Dethan 46'), Akbar Tanjung (Fahrul Aditia 86'), M Arfan (Ananda Raehan 46'), Latyr Fall (Ricky Pratama 80'), Victor Luiz (Rizky Eka Pratama 46'); Adilson Silva (Andy Harjito 80'), Nermin Haljetasinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: