Program Makan Bergizi Gratis ala Prabowo-Gibran Terus Dimatangkan, Ada Uji Coba

Oleh: Panji Septo R
Jumat, 19 Juli 2024 | 21:40 WIB
Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran menggelar konferensi pers. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran menggelar konferensi pers. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com -  Anggota Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran Bidang Komunikasi, Hasan Nasbi, mengatakan bahwa pihaknya program makan bergizi gratis terus dimatangkan dengan sejumlah riset dan pilot project di beberapa daerah di Indonesia.

‘’Sekarang risetnya (program makan bergizi gratis) direplikasi untuk seluruh Indonesia. Jadi, yang awalnya di satu titik kemudian berkembang menjadi beberapa titik dan sekarang direplikasi di seluruh Indonesia,’’ tuturnya dalam konferensi pers di media center Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2024).

Nasbi menjelaskan uji coba program tersebut sudah menarget siswa SD, SMP, hingga SMA, termasuk ibu hamil. 

‘’Untuk target uji cobanya itu sudah (siswa) SD, SMP, SMA, termasuk juga ibu hamil. Kami berharap mereka bisa menjalankan riset dengan tenang, tanpa gangguan, sehigga nanti hasilnya itu bisa betul-betul optimal dan bisa dijalankan dengan baik nanti,’’ ungkapnya.

Namun, Nasbi mengungkapkan bahwa riset yang tengah dijalankan belum bisa menggunakan perangkat pemerintah. Ditambah, belum ada alokasi anggaran dalam pemerintahan tahun ini.

‘’Tentu, riset ini belum bisa menggunakan instrumen pemerintah dan belum ada mata anggarannya di pemerintah untuk tahun ini,’’ ujarnya. 

Nasbi mengungkapkan instrumen pemerintah sekarang belum bisa dikerahkan untuk meriset program ini karena menunggu Presiden Terpilih Prabowo Subianto dilantik dan mulai menyusun mata anggaran pada 2025. 

‘’Itu kan mata anggarannya nanti 2025. Pak Prabowo belum dilantik jadi ketika melaksanakan riset juga tentu tidak bisa menggunakan instrumen pemerintah,’’ ucapnya. 

Nasbi menjelaskan proses penyelenggaraan program ini masih dinamis.

‘’Jadi, berbagai skenario sedang dicoba juga. Tunggu nanti itu kalau soal siapa yang melaksanakan dan bagaimana, itu tunggu nanti. Itupun masih dalam proses,’’ tandasnya. sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: