Hasil Piala AFF U-19: Gulung Kamboja, Timnas U-19 Indonesia Selangkah Lagi ke Semifinal

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Sabtu, 20 Juli 2024 | 23:10 WIB
Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF U-19. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF U-19. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih kemenangan atas Kamboja di laga Grup A Piala AFF U-19 2024. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (20/7/2024), Garuda Nusantara menang dengan skor 2-0 dari Kamboja.

Dua gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Kadek Arel pada menit ke-71' dan M Iqbal Gwijangge menit ke-86'. Hasil ini pun membuka peluang Indonesia melaju ke babak semifinal Piala AFF U-19 tersebut.

Apalagi, sebelumnya pada laga perdana, Rabu (17/7/2024), Indonesia menang 6-0 atas Filipina. 

Sejatinya di  babak pertama, Indonesia kesulitan untuk menembus pertahanan ketat yang dikembangkan Kamboja. Sudah beberapa peluang dicoba oleh anak asuh Indra Sjafri melalui sayap, baik lewat kaki Afrizal dan di sisi kiri dan Arlyansyah di kanan menemui jalan buntu. 

Indonesia gagal mencetak gol meski terus menyerang. Skor 0-0 tak berubah hingga babak pertama tuntas.

Pada babak kedua, Indra Sjafri mengganti beberapa pemain. Arkhan Kaka ditarik keluar diganti Jens Raven.

Sampai akhirnya, gol yang ditunggu-tunggu pun tiba pada menit ke-71. Gol ini bermula lewat skema sepak pojok kemudian Kadek Arel mampu menunduk bola. Skor berubah jadi 1-0 keunggulan bagi Indonesia.

Selanjutnya pada menit ke-86, pemain belakang M Iqbal Gwijangge menggandakan keunggulan Indonesia menjadi 2-0. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan berakhir. 

Kemenangan ini sekaligus membawa Indonesia menjadi pemuncak klasemen Grup A Piala AFF U-19 dengan nilai enam dari dua laga.Sementara Timor Leste dan Filipina berada di peringkat 2 dan 3 dengan masing-masing mengemas 3 poin. 

Pada pertandingan terakhir hari Selasa (23/7/2024), Indonesia akan berhadapan dengan Timor Leste di tempat yang sama.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: