Jay Idzes Tak Gentar Indonesia Berada di Grup Neraka di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Senin, 22 Juli 2024 | 13:01 WIB
Bek Timnas Indonesia Jay Idzes. (Foto/PSSI).
Bek Timnas Indonesia Jay Idzes. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Bek Timnas Indonesia Jay Idzes mengatakan dirinya tidak gentar menghadapi negara besar di babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sebagaimana diketahui, hasil drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia berada di Grup C bersama dengan Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China

Tak memungkiri, pemain yang bermain di klub Venezia tersebut melihat hasil undian yang didapatkan oleh Timnas Indonesia tak pernah dibayangkan sebelumnya.

“Ada enam pot dengan tiga tim dan kami berada di pot terakhir bersama negara lain yang berada di peringkat terendah dunia FIFA. Lawan dari pot lain muncul di depan kami. Negara ini hampir selalu menjadi negara yang paling sulit di atas kertas,” kata Jay Idzes dikutip dari media Belanda, Voetbal Zone, Senin (22/7/2024).

Meski demikian, Jay Idzes menekankan dirinya tidak gentar untuk menghadapi negara-negara besar, meskipun Indonesia secara peringkat FIFA Indonesia paling rendah.

“Bagi kami ini adalah peluang baru untuk membawa Indonesia lebih maju lagi, kami melihatnya sebagai tantangan besar,” jelas pemain berusia 24 tahun itu. 

“Tujuan kami sudah jelas, tapi kita lihat saja sejauh mana pencapaian kami,” imbuh dia.

Sekedar informasi, mengawali pertandingan pertama, merah putih akan bertandang ke Arab Saudi pada tanggal 5 September 2024. Setelah itu, Garuda akan menjamu Australia di kandang sendiri pada tanggal 10 September 2024.

Setelah itu, anak asuh Shin Tae-yong akan bertandang ke kandang Bahrain pada tanggal 10 Oktober 2024. Setelah itu, skuad Merah Putih akan berhadapan dengan China pada 15 Oktober 2024.

Bulan November, Indonesia akan menghadapi Jepang di kandang tepatnya di tanggal 14 November 2024. Lalu Indonesia bermain di kandang saat melawan Saudi Arabia di tanggal 19 November 2024 mendatang.

Kemudian, Rizky Ridho Cs akan melawan Bahrain pada tanggal 25 Maret 2025 di kandang. Selepasnya, Indonesia masih bermain di kandang melawan China.

Laga terakhir, Indonesia harus bertandang ke Jepang di tanggal 10 Juni 2025. Total 10 pertandingan akan dilakukan Indonesia, dengan rincian lima tandang dan lima kandang.

Nantinya dua tim terbaik di grup akan otomatis lolos ke Piala Dunia 2026. Sementara, untuk peringkat ketiga dan keempat akan melaju ke fase ketiga kualifikasi. Mereka akan bersaing memperebutkan dua tiket sisa, plus satu tiket interkontinental.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: