Soal Gabung Pemerintahan Prabowo, PKB: Tunggu 20 Oktober

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 24 Juli 2024 | 07:18 WIB
Ketum PKB Muhaimin Iskandar (kiri) bersama Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Harlah ke-26 PKB. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Ketum PKB Muhaimin Iskandar (kiri) bersama Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Harlah ke-26 PKB. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyatakan kejelasan PKB bergabung dengan pemerintahan Prabowo Subianto menunggu pelantikan pada 20 Oktober. 

"Ya, gabung atau tidak kan nanti 20 oktober ya. Kami tunggu saja," kata Cak Imin di JCC, Jakarta, Selasa (23/7/2024) malam.

PKB menyambut baik ajakan Gerindra untuk bergabung dengan koalisi pemerintahan.

"PKB menyambut baik ajakan Pak Dasco (Ketua Harian DPP Gerindra). Kami sejak awal selalu mendorong, mendukung pemerintahan yang kuat, yang efektif," sambungnya.

Cak Imin menuturkan semua partai yang diajak bergabung dengan koalisi Prabowo-Gibran menyambut baik. Dia menganggap ajakan Dasco tersebut merupakan bentuk penghargaan.

"Saya yakin semua partai yang diajak Pak Dasco menyambut baik. Saya, apalagi PKB, menyambut baik ajakan Pak Dasco sebagai bagian dari penghargaan, kebersamaan. Kita lihat tantangan bangsa semakin sulit. Tidak ada jalan lain, kita harus bahu-membahu. Soal di dalam atau masuk kabinet, enggak ada masalah. Yang penting mendukung suksesnya pemerintahan," katanya.

Sementara itu, Cak Imin mengaku tidak berpikir mengincar kursi menteri tertentu apabila PKB diajak bergabung dengan pemerintahan.

"Belum ada pemikiran sama sekali. Kami baru mendengar Pak Dasco tadi," katanya.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengajak PKB untuk bersama-sama bergabung di pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang.

Dasco menyampaikan hal itu di hadapan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat perayaan Harlah PKB ke-26 di JCC, Jakarta, Selasa (23/7/2024) malam.

Awalnya Dasco menanggapi pernyataan pembawa acara bahwa PKB adalah cinta lama Gerindra. Karena itu, wakil ketua DPR tersebut mengatakan Gerindra menunggu PKB segera masuk pemerintahan Prabowo-Gibran.

"Karena tadi sudah dibilang bahwa kita adalah cinta lama, kami tunggu PKB untuk masuk dalam pemerintah bersama-sama. Sekali lagi kami ucapkan selamat atas PKB yang ke-26. Semoga makin jaya," kata Dasco.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: