Menlu Berharap Semakin Banyak Negara Uni Eropa Akui Negara Palestina

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 26 Juli 2024 | 21:00 WIB
Menlu Retno berharap negara Uni Eropa makin banyak akui Palestina (Foto/Inst Retno Marsudi)
Menlu Retno berharap negara Uni Eropa makin banyak akui Palestina (Foto/Inst Retno Marsudi)

BeritaNasional.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pentingnya hormat terhadap hukum internasional. Hal ini ia disampaikan pada Pertemuan para Menlu dan Uni Eropa di Vientiane Laos (26/7/2024).

Retno menyoroti kekejaman dan ketidakadilan setiap hari terjadi di Gaza, Palestina.

“Penghormatan terhadap hukum internasional penting bagi ASEAN, dan penting juga untuk Uni Eropa. Prinsip ini harus diterapkan di Ukraina, juga di Palestina", tegas Retno.

Retno menyampaikan, setelah kunjungannya dari Brussel bulan lalu, terdapat perkembangan positif dari negara-negara Uni Eropa. 

“Negara-negara yang mengakui Palestina bertambah. Demikian juga dengan dukungan untuk UNRWA. Kita berharap negara-negara UE lainnya akan mengikuti langkah baik ini", tambahnya.

Selain isu perdamaian, Retno juga mengangkat mengenai isu ekonomi. Kemitraan ASEAN dan Uni Eropa harus didasarkan pada prinsip kesetaraan, saling menguntungkan dan memberi manfaat bagi rakyat kedua kawasan.

“Oleh karena itu, Indonesia menentang kebijakan-kebijakan yang diskriminatif dan pendekatan yang 'one-size-fits-all' yang menghambat perdagangan," ujar  Retno. 

Retno juga mendorong dilakukannya dialog dan kerja sama erat antara ASEAN dan Uni Eropa. Dialog ini penting untuk menumbuhkan rasa saling memahami dan menyelesaikan masalah-masalah secara konstruktif, antara lain melalui dialog melalui Joint Working Group on Vegetable Oil yang akan dilaksanakan tahun ini. Indonesia mendorong partisipasi aktif dari Uni Eropa untuk dialog ini.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: