Hubungan China-Filipina Memanas Akibat Laut China Selatan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 28 Juli 2024 | 04:00 WIB
Ilustrasi konflik Laut China Selatan (Foto/Pixabay)
Ilustrasi konflik Laut China Selatan (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan, China dengan Filipina berada di persimpangan jalan. Hubungan mereka memanas akibat sengketa di Laut China Selatan.

Wang Yi menekankan, hubungan China-Filipina saat ini berada di persimpangan jalan dan menghadapi pilihan ke mana harus melangkah. Tidak ada jalan keluar dari konflik dan konfrontasi selain dialog dan negosiasi.

Pernyataan Wang Yi disampaikan saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Filipina Enrique Manalo pada sela-sela pertemuan para menteri luar negeri negara-negara anggota ASEAN.

"Saat ini, hubungan China-Filipina sedang sulit. Masalahnya karena Filipina telah berulang kali melanggar konsensus antara kedua negara dan komitmennya sendiri," ujar Wang Yi.

"Jika Filipina mengarahkan sistem rudal jarak menengah Amerika Serikat, ini menciptakan ketegangan dan konfrontasi regional serta memicu perlombaan senjata," kata Wang Yi.

Dikutip dari Antara, pejabat militer Filipina menyebutkan Amerika Serikat mengerahkan sistem rudal Typhon ke Filipina sebagai bagian dari latihan militer gabungan dengan Filipina awal tahun ini meski sistem itu tidak ditembakkan selama latihan. Ternyata ini membuat konflik China-Filipina makin memanas.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: