AS Tangkap Putra El Chapo, Pemimpin Kartel Terkenal

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 28 Juli 2024 | 05:00 WIB
AS tangkap pemimpin kartel dunia (Foto/Pixabay)
AS tangkap pemimpin kartel dunia (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) menyatakan, Ismael "El Mayo" Zambada, pemimpin lama kartel Sinaloa Meksiko, dan Joaquín Guzmán López, putra pemimpin kartel terkenal lainnya, ditangkap oleh otoritas AS di Texas.

Sebagai pemimpin kartel Sinaloa yang kuat selama beberapa dekade bersama Joaquín "El Chapo" Guzmán, Zambada merupakan salah satu pengedar narkoba paling terkenal di dunia.

Seorang pejabat federal Meksiko mengatakan, Zambada dan Guzmán López tiba di Amerika Serikat dengan pesawat pribadi dan menyerahkan diri kepada pihak berwenang. Pejabat tersebut berbicara dengan syarat anonim karena ia tidak berwenang membahas masalah tersebut.

Pemerintah AS menawarkan hadiah hingga $15 juta untuk memberikan informasi guna penangkapan Zambada, yang berhasil menghindari pihak berwenang selama beberapa dekade.

"Zambada dan Guzmán López mengawasi perdagangan puluhan ribu pon narkoba ke Amerika Serikat," ujar kata Direktur Biro Penyelidik Federal AS atau FBI, Christopher Wray.

"Fentanyl merupakan ancaman narkoba paling mematikan yang pernah dihadapi negara kita, dan Departemen Kehakiman tidak akan tinggal diam sampai setiap pemimpin, anggota, dan rekan kartel yang bertanggung jawab atas keracunan komunitas kita dimintai pertanggungjawaban," kata Jaksa Agung Merrick Garland dalam sebuah pernyataan.

Dikutip dari VOA, pejabat AS sudah berusaha Zambada selama bertahun-tahun. Ia juga didakwa dalam sejumlah kasus di AS. 

Zambada didakwa pada Februari di Distrik Timur New York dengan tuduhan berkonspirasi untuk memproduksi dan mendistribusikan opioid sintetis. Jaksa penuntut mengatakan ia terus memimpin kartel Sinaloa. Sinaloa sendiri merupakan salah satu organisasi perdagangan narkoba paling kejam dan kuat di dunia.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: