Yogyakarta akan Miliki Pusat Unggulan Naskah Kuno

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 28 Juli 2024 | 06:00 WIB
Ilustrasi  naskah kuno (Foto/Pixabay)
Ilustrasi naskah kuno (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta tengah menyiapkan pusat unggulan naskah kuno dengan nama Pusat Unggulan Gantari. Gantari sendiri akan diluncurkan pada September 2024.

"Pusat Unggulan Gantari diluncurkan pada September 2024, bersamaan peresmian perluasan gedung perpustakaan di Kotabaru," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Yogyakarta Afia Rosdiana.

Afia menjelaskan, arsip paling tua yang disimpan dan dikelola di Kota Yogyakarta adalah arsip sekitar tahun 1825.

Menurut dia, untuk melindungi arsip di Kota Yogyakarta dilakukan upaya preservasi untuk perlindungan dan perawatan arsip serta restorasi atau perbaikan arsip.

Di bidang kearsipan, DPK Kota Yogyakarta juga akan mengelola memori kolektif bangsa dengan tema kawasan Kotabaru.

Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto mengatakan, Pemkot Yogyakarta berkomitmen mengelola arsip-arsip atau dokumen, termasuk memfasilitasi pelayanan kearsipan kepada masyarakat.

Menurut dia, selama ini arsip sering dipandang sebelah mata seolah barang yang nilai dan fungsinya kerap diremehkan.

Dikutip dari Antara, Padahal, kata dia, banyak permasalahan krusial yang menyangkut kepentingan luar biasa justru terselesaikan dengan adanya bukti-bukti otentik berupa kearsipan.

"Pemkot Yogyakarta berkomitmen bagaimana pengelolaan arsip dan administrasi bidang kearsipan serta pemanfaatan arsip ini kita angkat terus. Sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat, arsip ini penting," ujar Sugeng.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: