Survei LSI: Pemilih PDIP Lebih Cenderung ke Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 28 Juli 2024 | 17:45 WIB
Bobby Nasution (kanan) saat bersama Ketum Golkar Airlangga Hartarto. (Foto/Tim Media Golkar)
Bobby Nasution (kanan) saat bersama Ketum Golkar Airlangga Hartarto. (Foto/Tim Media Golkar)

BeritaNasional.com - Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat pemilih PDI Perjuangan cenderung memilih Bobby Nasution sebagai bakal calon gubernur Sumatera Utara.

Dalam survei terbaru LSI, 62,6 pemilih PDIP menyatakan akan memilih Bobby. Sementara itu, yang memilih Edy Rahmayadi 14 persen dan pemilih kader PDIP Nikson Nababan hanya 14,6 persen.

"Pemilih PDIP untuk sementara masih ke Bobby," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat rilis survei secara daring, Minggu (28/7/2024).

Djayadi mendukung dukungan pemilih PDIP ke Bobby karena sisa-sisa kenangan menantu Presiden Joko Widodo itu sebagai mantan kader partai berlambang banteng.

Selain itu, PDIP saat ini belum mengumumkan siapa yang akan diusung di Pilgub Sumatera Utara.

"Mungkin ini sisa-sisa kenangan ketika Bobby masih menjadi kader PDIP kali. Atau, mungkin juga karena PDIP belum ngasih sinyal siapa yang akan dicalonkan. Belum ngasih sinyal jelas sehingga pemilih PDIP cenderung ke Bobby, diikuti Edy dan Nikson," kata Djayadi.

Sementara itu, pemilih partai-partai yang sudah resmi mengusung Bobby cenderung sejalan dengan sikap partai. Sebanyak 71,8 persen pemilih Gerindra tegas memilih Bobby Nasution, pemilih Golkar sebanyak 57,3 persen ke Bobby.

"Pemilih Partai Golkar walaupun belum dominan tapi cenderung lebih banyak ke Bobby. Tapi, menarik juga 35 persenan memilih Edy Rahmayadi," kata Djayadi.

Sementara itu, pilihan pemilih PKS terbelah antara Bobby (50,3 persen) atau Edy (42,4 persen). Pemilih Partai Demokrat juga sama, 43,2 persen ke Bobby, 43,5 persen ke Edy.

Pemilih NasDem, PKB dan PPP berdasarkan survei sudah solid memilih Bobby Nasution.

"Jadi di kalangan partai besar atau menengah di Sumatera Utara, memang enam partai yang sudah mendukung Bobby itu pemilihnya cenedrung sudah condong ke pilihan partai masing-masing," kata Djayadi.

Menurutnya bisa saja pemilih PDIP berubah pilihan setelah ada nama calon gubernur yang bakal diusung.

"Masih kita lihat nanti bagaimana perubahan akan terjadi kalau PDIP sudah mengeluarkan siapa yang akan mereka dukung," kata Djayadi.

LSI menggelar survei tatap muka di Sumatera Utara pada 7-17 Juli 2024. Sebanyak 800 responden diambil secara acak dengan metode multistage random sampling. Survei memiliki margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: