Tekuk Thailand, Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-19 2024!

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Senin, 29 Juli 2024 | 21:30 WIB
Timnas Indonesia U-19. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia U-19. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com -  Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih gelar juara dalam Piala AFF U-19 2024. Hasil itu, usai Garuda Nusantara mampu mengalahkan Thailand dengan skor 1-0 di babak Final.

Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7/2024) malam, Indonesia langsung memberikan tekanan ke lini pertahanan Indonesia. Bahkan, selama sepuluh menit pertama anak asuh Indra Sjafri mendominasi jalannya laga.

 Thailand tidak tinggal diam, setelah 15 menit jalanya laga mereka melakukan ancaman. Akan tetapi masih bisa digagalkan oleh lini pertahanan Garuda Nusantara.

Satu menit berselang atau tepat di menit ke-17,  Indonesia mampu mencetak gol lewat Jens Raven. Gol ini bermula dari sepak pojok Indonesia oleh Kafiatur Rizky dan Kadek Arel menyundul bola, kemudian disontek oleh Jens Raven sehingga si kulit bundar masuk ke dalam gawang.

Skor berubah menjadi 1-0 keunggulan bagi Indonesia atas Thailand.

Setelah mencetak gol, Indonesia kembali menebar ancaman ke gawang Thailand lewat Jens Raven. Namun, lini pertahanan negara Gajah Putih itu masih kokoh untuk tidak bisa ditembus.

Thailand bukan tanpa peluang. Di akhir babak pertama tepatnya di menit ke-37 tendangan bebas Piyawat Petra menyentuh tiang gawang Indonesia. 

Skor 1-0 untuk Indonesia menutup babak pertama.

Di babak kedua, Thailand langsung berinisiatif menggencar lini pertahanan Indonesia. Bahkan, Dony Tri dan kawan-kawan harus menjaga lini pertahanan agar tidak bisa dibobol oleh Thailand.

Thailand mencoba terus menusuk pertahanan Indonesia sampai 10 menit jalannya babak kedua. Kerja sama di lini tengah terus digalang Thailand. Pertahanan rapat Indonesia menjadi batu karang yang sulit ditembus.

Karena mendapatkan serangan terus menerus, Indra Sjafri melakukan perubahan pemain dan diharapkan bisa memberikan perubahan yang positif.

Gempuran demi gempuran dilakukan oleh Thailand sampai memasuki menit ke-70. Namun, beberapa usaha shooting yang dilakukan masih bisa dimentahkan oleh Ikram Alghifarri.

Bahkan sampai menit ke-80, gelombang serangan yang dilakukan oleh Thailand tidak kunjung reda. Namun, peluang yang dibuat belum menjadi hasil positif.

Saat diserang oleh Thailand, nampak anak asuh Indra Sjafri fokus bertahan. Terbukti, beberapa pemain Gajah Putih frustasi dengan melakukan shooting dari luar kotak penalti namun belum ada yang mengarah ke gawang.

Waktu sudah memasuki menit ke-90, Indonesia masih terus digempur oleh Thailand. Wasit memberikan 5 menit tambahan waktu. Peluang terus coba dibuat oleh Thailand, tapi tidak ada gol yang bisa masuk ke gawang Thailand.

Sampai wasit meniup peluit menandakan babak kedua berakhir, skor 1-0 tetap bertahan bagi Indonesia bagi Thailand. Indonesia pun keluar sebagai juara di ajang Piala AFF U-19 2024.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: