PKB Tolak PBNU Intervensi Partai Politik!

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 30 Juli 2024 | 17:52 WIB
Waketum PKB Jazilul Fawaid menanggapi sikap PBNU yang mengintervensi partai politik. (BeritaNasional/Panji)
Waketum PKB Jazilul Fawaid menanggapi sikap PBNU yang mengintervensi partai politik. (BeritaNasional/Panji)

BeritaNasional.com - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menugaskan dua petingginya untuk menyelesaikan masalah dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Dua tokoh itu adalah Wakil Ketua Rais Aam PBNU Anwar Iskandar dan Wakil Ketua Umum PBNU Amin Said Husni.

Menanggapi hal tersebut, Waketum PKB Jazilul Fawaid menilai PBNU mengintervensi kedaulatan partai politik. PKB menolak intervensi tersebut. Jazilul terheran-heran kenapa hanya PKB yang dipermasalahkan oleh PBNU.

"Menurut saya, apa tugasnya, saya enggak paham. Kami hormati saja, itu di luar kewenangan PKB dan itu mengintervensi UU Parpol kenapa enggak kirim untuk ini ke partai lain?" tegas Jazilul di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (30/7/2024).

PKB menolak segala bentuk intervensi yang dilakukan PBNU. PKB solid menolak segala intervensi terhadap kedaulatan partai.

"PKB, seluruh jajaran PKB solid menolak upaya apa pun mengintervensi kedaulatan partai," kata Jazilul.

PKB enggan menemui utusan dari PBNU tersebut. Menurut Jazilul, hal itu tidak sesuai dengan UU Partai Politik. Jadi, tidak ada masalah bila diabaikan.

"Itu sesuatu yang tidak sesuai dengan undang-undang partai politik. Dengan sendirinya, maka itu gugur, maka itu harus diabaikan. Kalau mengevaluasi, silakan evaluasi semua. Mengevaluasi Indonesia juga boleh," kata wakil ketua MPR RI tersebut.

Sebelumnya, rapat pleno PBNU mengeluarkan keputusan menugaskan dua tokoh untuk mengurus masalah dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Dua tokoh tersebut adalah Wakil Ketua Rais Aam PBNU Anwar Iskandar dan Wakil Ketua Umum PBNU Amin Said Husni.

"Maka, pleno memberikan mandat kepada dua orang yang pertama adalah Kiai Anwar Iskandar, Wakil Rais Aam, dan Bapak Amin Said Husni, Wakil Ketua Umum, untuk mendalami masalah. Kemudian, memberikan rekomendasi-rekomendasi kepada PBNU mengenai langkah-langkah yang harus diambil," ujar Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf saat konferensi pers di Hotel Bidakara, Jakarta, Minggu (28/7/2024).

Anwar merupakan salah satu generasi perintis pendirian PKB serta Amin Said Husni adalah wakil sekjen PKB pertama dan anggota asistensi tim lima yang diberi mandat oleh PBNU untuk mempersiapkan pendirian PKB.

Dua orang ini ditugaskan karena akhir-akhir ini ada serangan tajam dari PKB terhadap PBNU. Banyak komplain dari anggota PBNU karena serangan dari elite PKB.

Jadi, dalam rapat pleno, diputuskan akan dicari jalan keluar terhadap masalah PKB terhadap PBNU.

"Karena akhir-akhir ini ada artikulasi-artikulasi yang secara sangat frontal dan sangat tajam terhadap PBNU dari arah Partai Kebangkitan Bangsa dan juga menyangkut berbagai macam perkembangan mutakhir yang merupakan dinamika hubungan di antara dua entitas ini," kata Yahya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: