Profil Craig Shakespeare yang Bantu Leicester City Juara Premier League

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 03 Agustus 2024 | 02:00 WIB
Craig Shakespeare (tengah). (Foto/Inst @lcfc)
Craig Shakespeare (tengah). (Foto/Inst @lcfc)

BeritaNasional.com - Dunia sepak bola kini tengah berduka atas meninggalnya mantan Manajer Leicester City Craig Shakespeare.

Kabar tersebut diungkapkan melalui akun Instagram dan X resmi klub pada Jumat (2/8/2024). Pihak Leicester City turut berdukacita atas meninggalnya pelatih di usia 60 tahun tersebut. 

"Seorang pria dengan bakat luar biasa, dedikasi yang tak tergoyahkan, dan hasrat yang mendalam terhadap permainan yang indah ini, meninggalnya Craig akan sangat diratapi oleh semua orang yang mengenalnya, serta komunitas sepak bola pada umumnya,’’ kata pihak klub yang dikutip dari laman resmi Premier League pada Jumat.

Diketahui, karier bermain Shakespeare selama 19 tahun melibatkan tujuh klub, termasuk Walsall, Sheffield Wednesday, West Bromwich Albion, dan Grimsby Town, serta tampil pada lebih dari 500 pertandingan.

Dia kembali ke salah satu mantan klubnya, West Brom, untuk memulai karier kepelatihannya pada 1999, memulai sebagai petugas sepak bola di komunitas sebelum menghabiskan waktu sebagai pelatih akademi, pelatih tim cadangan, dan manajer sementara.

Shakespeare pergi untuk menjadi asisten manajer di Leicester pada 2008 dan memainkan peran penting dalam kebangkitan klub dari Liga Satu ke Liga Champions UEFA, selama dua periode pertamanya di klub tersebut.

Ia menjadi asisten manajer untuk dua promosi, lolos dari degradasi dan kembali ke Championship pada 2014/15, dan musim juara Liga Primer yang terkenal, bersama Claudio Ranieri. Ia juga menjadi pelatih tim utama Inggris untuk satu pertandingan bersama Sam Allardyce selama periode ini.

Ia kemudian mengambil posisi sebagai asisten manajer di Everton, Watford, Aston Villa, dan Norwich City sebelum kembali ke Leicester dalam peran yang sama pada tahun 2023.

Berikut Profil lengkap Craig Robert Shakespeare:

Tempat & Tanggal Lahir

Birmingham, Inggris, 23 Oktober 1963

Karir

Pelatih Sepakbola Leicester City

Perjalanan Karier

Craig Robert Shakespeare adalah mantan pemain sepakbola yang sejak Maret 2017 menjadi pelatih bagi tim  Leicester City. Sebelum menangani Leicester sebagai pelatih kepala, Craig merupakan asisten pelatih di tim tersebut dari 2011 hingga 2017.

Craig juga sempat menjadi caretaker bagi tim West Bromwich Albion pada 2006 dan juga sempat menjadi asisten pelatih Hull City pada 2008 hingga 2011 sebelum akhirnya merapat ke Leicester.

Karier sepakbola Craig dimulai pada tahun 1981 saat dia bergabung dengan Walsall. Craig memperkuat Walsall hingga tahun 1989. Selama bermain tersebut dia tercatat tampil sebanyak 284 penampilan dan membukukan 45 gol.

Tahun 1989, Craig hijrah ke Sheffield Wednesday. Selang setahun, Craig pindah memperkuat West Bromwich Albion. Kebersamaan Craig dengan Bromwich berlangsung selama berlangsung bselama tiga tahun dengan mencatatkan 112 kali tampil dan menorehkan 12 gol.

Setelah dari Bromwich, Craig merapat ke Grimsby Town pada 1993 hingga 1997 dan mencatatkan 106 kali tampil dan 10 gol. Tahun 1997 dia pindah Scunthorpe United hingga 1998 sebelum akhirnya berlabuh ke Hednesford Town dan mengakhiri kariernya di tim tersebut.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: