TPNBP OPM Klaim Bakal Bebaskan Pilot Susi Air dalam Waktu Dekat

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 03 Agustus 2024 | 15:01 WIB
Pilot Susi Air yang disandera oleh OPM, Phillip Mehrtens. (foto/istimewa)
Pilot Susi Air yang disandera oleh OPM, Phillip Mehrtens. (foto/istimewa)

BeritaNasional.com -  Kelompok bersenjata Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), yang dipimpin Egianus Kogoya, dikabarkan bakal membebaskan pilot Susi Air, Phillip Mehrtens yang sudah disandera selama lebih dari satu tahun.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Juru Bicara TPNBP OPM Sebby Sambom. Diketahui Mehrtens pada 7 Februari 2023 setelah ia mendaratkan pesawat komersial kecil di daerah pegunungan terpencil Nduga.

Menurut Sebby, pihaknya telah setuju untuk membebaskan Mehrtens dan sedang menyiapkan rencana untuk melakukannya, seraya menambahkan bahwa hal itu bisa memakan waktu hingga dua bulan.

"Panglima Egianus sudah mengatakan dengan rendah hati, demi kemanusiaan, kami akan membebaskan pilot tersebut," katanya dikutip dari Reuters, Sabtu (3/8/2024).

Namun tidak menjelaskan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Sebelumnya pihak Kepolisian memprioritaskan pembicaraan dengan para pemimpin agama dan masyarakat untuk membebaskan pilot tersebut, karena operasi militer di wilayah dataran tinggi yang terjal itu menimbulkan bahaya.

Pada bulan Februari, Selandia Baru menyerukan pembebasan segera Mehrtens, setahun setelah penculikannya.

Kelompok ini telah merilis video pilot tersebut beberapa kali, meminta PBB untuk memediasi perundingan menuju kemerdekaan Papua. Salah satu video memperlihatkan dia memegang bendera Bintang Kejora yang dilarang dan dikelilingi oleh pejuang Papua.

Pertempuran untuk kemerdekaan yang berskala kecil namun semakin mematikan telah berkecamuk di wilayah barat Papua yang kaya sumber daya, di mana serangan oleh pejuang kemerdekaan menjadi semakin mematikan dan lebih sering terjadi karena mereka telah memperoleh senjata yang lebih canggih.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: