Tinggalkan Arsenal, Emile Smith Rowe Resmi Berseragam Fulham

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 03 Agustus 2024 | 18:30 WIB
Rekrutan anyar Fulham, Emile Smith Rowe. (Foto/Premier League)
Rekrutan anyar Fulham, Emile Smith Rowe. (Foto/Premier League)

BeritaNasional.com - Emile Smith Rowe menjadi rekrutan teranyar Fulham untuk mengarungi kompetisi Premier League musim 2024-2025.

Transfer gelandang berusia 24 tahun tersebut total bernilai 34 juta poundsterling atau setara Rp 704 miliar yang dikutip dari laporan The Athletic. 

Pesepak bola asal Inggris ini bergabung dengan kontrak berdurasi lima tahun dengan klub memiliki opsi memperpanjangnya selama 12 bulan.

"Saya akhirnya sampai di sini. Saya sangat bahagia. Ini momen yang bagus. Saya hanya ingin tiba di sini secepat mungkin agar bisa segera bergabung dengan rekan satu tim." kata Smith Rowe kepada situs web resmi Fulham yang dikutip pada Minggu (3/8/2024).

Smith Rowe ingin segera bertemu dengan manajer Marco Silva dan rekan tim lainnya. 

"Saya rasa ini adalah proyek yang menarik bagi saya, dan pastinya merupakan langkah yang sempurna bagi karier saya di masa mendatang," tuturnya.

Diketahui, Smith Rowe lahir pada 28 Juli 2000 di Croydon, London selatan, Smith Rowe adalah bintang muda akademi Arsenal. Ia bergabung dengan klub tersebut pada usia 10 tahun dan berkembang bersama Bukayo Saka .

Ia melakoni debut seniornya untuk Arsenal pada September 2018, tampil dalam pertandingan Liga Eropa UEFA melawan Vorskla Poltava. 

Pada musim yang sama, ia mencetak gol di Liga Eropa dan Piala EFL sebelum dipinjamkan ke RB Leipzig yang dirundung cedera dan kemudian bermain selama setengah musim bersama Huddersfield Town di Championship pada 2019-2020.

Terobosan di Liga Primer Inggris terjadi pada 2020-2021. Setelah awal musim yang sulit, Mikel Arteta memberi Smith Rowe kesempatan bermain sebagai starter melawan Chelsea pada Boxing Day. Gelandang tersebut menjadi bintang dalam kemenangan 3-1 atas The Blues.

Smith Rowe kemudian mencetak gol kemenangan melawan Chelsea pada pertandingan sebelumnya dan memainkan peran utama dalam kemenangan 2-1 melawan Tottenham Hotspur sebelum menandatangani kontrak baru pada Juli 2021 dan mewarisi kaus nomor 10.

Cedera pada musim lalu membuatnya hanya tampil 13 kali di Liga Primer, 10 di antaranya sebagai pemain pengganti. 

Di tingkat internasional, Smith Rowe telah mewakili Inggris di setiap level dari U-16 hingga tim senior. Ia telah memenangkan Piala Dunia FIFA U-17 2017 dan Kejuaraan Eropa U-21 2023. 

Dia melakoni debut seniornya bersama Inggris melawan Albania pada November 2021 sebelum mencetak gol pertamanya beberapa hari kemudian melawan San Marino.

Smith Rowe lebih banyak bermain di sayap kiri dan suka memotong ke dalam sebelum melepaskan tembakan ke gawang. Pada musim terbaiknya, 2021/22, Smith Rowe mencetak 10 gol liga dalam 33 pertandingan liga.

Kemungkinan besar Smith Rowe akan bermain di sayap kiri untuk Fulham.

Smith Rowe menjadi rekrutan kedua klub tersebut pada musim panas ini, dan pemain lain yang didatangkan dari tim London utara, setelah Ryan Sessegnon kembali ke Fulham menyusul berakhirnya kontraknya di Spurs.

Dalam hal pengeluaran, Fulham telah kehilangan Tosin Adarabioyo ke Chelsea dan Joao Palhinha ke Bayern Munchen.

Fulham mengatakan Smith Rowe akan berangkat ke Portugal untuk mengikuti kamp pelatihan pramusim. Mereka akan menghadapi Benfica pada 2 Agustus dan kemudian Sevilla pada 5 Agustus.

The Cottagers memulai kampanye Liga Primer 2024-2025 pada Jumat 16 Agustus melawan Manchester United di Old Trafford.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: