Kamala Harris Tunjuk Tim Walz Jadi Cawapresnya

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 07 Agustus 2024 | 09:00 WIB
Harris tunjul Walz jadi cawapresnya (Foto/Secure Blueact)
Harris tunjul Walz jadi cawapresnya (Foto/Secure Blueact)

BeritaNasional.com - Capres AS dari Partai Demokrat Kamala Harris sudah mewawancarai sejumlah kandidat yang akan menjadi cawapresnya. Akhirnya Harris menunjuk Tim Walz jadi cawapresnya untuk mendampinginya dalam Pilpres AS pada November mendatang.

Harris dan Walz akan langsung berkampanye. Mereka berdua akan memulai perjalanan ke tujuh negara bagian, sebagian besar merupakan medan pertempuran terbesar dalam pemilu yang akan datang. Mereka akan melawan capres AS dari Partai Republik dan cawapresnya, Donald Trump dan JD Vance.

“Ini Kamala Harris. Selamat pagi, gubernur. Saya ingin Anda melakukan kampanye bersama saya. Ayo kita lakukan ini bersama-sama. Maukah Anda menjadi calon wakil presiden?”, ujar Harris.

“Saya merasa terhormat,” jawab Walz.

Harris memilih Tim Walz karena ia seorang pemimpin yang telah teruji. Walz juga punya rekam jejak yang luar biasa dalam menyelesaikan berbagai hal untuk warga Minnesota. 

"Saya yakin Walz akan membawa prinsip kepemimpinan yang sama ke dalam kampanye kami," kata Harris.

Kelompok progresif mendukung Walz, 60 tahun. Mereka menilai Walz memperjuangkan kebijakan sayap kiri semasa menjabat gubernur Minnesota. Minnesota sendiri merupakan negara bagian yang sangat penting ditaklukkan untuk memenangkan pemilu.

Walz merupakan mantan anggota Garda Nasional Angkatan Darat dan guru. Ia sangat cocok dan menarik pemilih kulit putih di kawasan pedesaan.

Dikutip dari VOA, Dosen Politik di University of Virginia, Jennifer Lawless mengatakan, Walz adalah orang yang progresif. Ia sukses memenangkan distrik-distrik pedesaan Partai Republik yang konservatif. Ia punya senjata api dan terjun ke medan tempur karena dia veteran perang dan lahir di Nebraska. Ia sangat paham kultur politik Amerika Tengah.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: