Rombongan Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Mulai Berangkat dari Monas ke Halim

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 10 Agustus 2024 | 08:57 WIB
Rombongan Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Mulai Berangkat dari Monas ke Halim. (Foto/tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden).
Rombongan Kirab Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Mulai Berangkat dari Monas ke Halim. (Foto/tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden).

BeritaNasional.com - Prosesi kirab bendera Pusaka Merah Putih dan teks proklamasi sudah mulai berjalan, Sabtu (10/8/2024) pagi ini.

Dipimpin dengan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, kirab bendera Pusaka Merah Putih dan teks proklamasi dilepas dari Monumen Nasional (Monas) menuju bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta untuk diterbangkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan.

Acara dimulai dengan penyerahan duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi yang ada di Ruang Kemerdekaan Monumen Nasional kepada Tim Purna Paskibraka 2023.

Mereka yang bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih yakni Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah. Lalu, untuk yang membawa teks proklamasi Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan.

Bendera Merah Putih dan teks proklamasi tersebut dibawa menggunakan kendaraan taktis (rantis) Maung dengan iring-iringan dari Paskibraka, pasukan berkuda, dan marching band.

Adapun kirab bendera pusaka dilakukan mulai dari Jalan Medan Merdeka Barat sisi timur, Jalan MH Thamrin sisi timur, Jalan Jenderal Sudirman sisi timur sampai Simpang Semanggi.

Selanjutnya Jalan Jenderal Gatot Subroto sisi utara melalui Jalan Layang (Flyover) Kuningan, Jalan MT Haryono sisi utara sampai Flyover Pancoran, Jalan Cawang dan Jalan Halim Perdanakusuma.

Nampak, masyarakat sudah memadati sepanjang jalan kirab bendera pusaka Merah Putih. Mereka ingin melihat proses kirab tahun ini menjadi sejarah karena pertama kalinya dibawa ke IKN. sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: